YS54 – Yesaya 11:6-9 Ciri-ciri Khas Kerajaan 1000 Tahun

YESAYA 11:6-7 PERUBAHAN DALAM DUNIA BINATANG

SERIGALA AKAN TINGGAL BERSAMA-SAMA DOMBA, DAN MACAN TUTUL AKAN BERBARING DENGAN KAMBING; DAN ANAK LEMBU DAN ANAK SINGA DAN YANG GEMUK-GEMUK (SEMUA) BERSAMA-SAMA DAN SEORANG ANAK KECIL MENGGIRINGNYA

Kita melihat beberapa perubahan dibandingkan dengan zaman sekarang.

  1. Perbedaan binatang halal dan haram tidak ada lagi. Waktu Nuh masuk bahtera, 7 pasang dari setiap binatang halal masuk dan binatang haram hanya sepasang dari setiap jenis Kej 7:2.
    (Tuhan memerintahkan Nuh dan Nuh bisa melaksanakannya sebab Tuhan yang memanggil binatang-binatang itu lengkap dan jumlahnya tepat seperti yang dikehendaki Tuhan, luar biasa. Ini prinsip Tuhan, kalau kita mau taat akan perintah Tuhan, pasti bisa, sebab Tuhan yang diam-diam melakukannya sendiri di belakang layar, meskipun yang tampak adalah Nuh yang luar biasa dan sukses, bisa diberi gelar profesor doktor karena suksesnya, tetapi tanpa pertolongan Tuhan,  semua ini tidak mungkin terjadi. Sebab itu  jangan mencuri kemuliaan Tuhan, Tuhan tidak berkenan Yes 42:8.
    Dalam dunia sekuler orang-orang itu bekerja sendiri dengan kekuatan dan kemampuannya, tidak seperti dalam dunia rohani (meskipun Tuhan tetap mengizinkan dengan kemurahan-Nya Mat 5:45 misalnya sukses Nebukadnezar). Sebab itu gelar-gelar dalam dunia sekuler masih bisa diterima oleh dunia sekuler sendiri, tidak berlaku dalam dunia rohani 1Kor 2:22-27, Kis 4:13, Luk 10:21, 2Pet 3:16 dll).
    Sekarang tidak lagi ada perbedaan antara halal dan haram, baik dalam dunia binatang, juga di antara manusia, sebab diperintahkan dengan tongkat besi, tidak ada yang berani berdosa, sekalipun hanya dalam pikiran, sebab yang berani berdosa akan langsung ditindak keras, biasanya dihukum mati (hukum tongkat besi). Keadaannya luar biasa indahnya sebab tidak ada dosa dan kejahatan atau keinginan dan rencana-rencana jahat, semua takut akan pemerintahnya yang keras dengan tongkat besi.
  2. Seolah-olah kembali seperti semula dalam Eden. Tetapi keadaannya lebih baik dari Eden, sebab Adam Hawa (yang memerintahkan dunia) di Eden belum teruji, tetapi dalam kerajaan 1000 tahun Tuhan Yesus dan orang-orang-Nya sudah teruji, tidak lagi mau dan tidak bisa berdosa, mutlak suci. Orang-orang yang diperintah praktis tidak berani berbuat dosa. Sebab itu Kerajaan 1000 tahun itu betul-betul kerajaan damai dan tidak ada dosa dan kejahatan. Apalagi iblis dan semua setan dipenjarakan dalam Lutda (lubang tanpa dasar) selama 1000 tahun. Betul-betul suatu dunia yang sangat indah seperti Surga dengan dua macam manusia menikmatinya. Orang-orang di bumi bersukacita, menikmati bumi dan dunia yang ideal indah di dalam hadirat Tuhan dan orang-orang yang mulia (dalam tubuh kemuliaan), yang ikut memerintah dengan Tuhan Yesus, mengalami suasana dan kesukaan yang jauh lebih indah, bahkan sempurna untuk abadi, tidak ada kemungkinan jatuh lagi.
  3. Tidak ada bahaya. Di dunia sekarang kita harus terus waspada akan bahaya dari segala arah, bahkan dari dalam diri kita sendiri, sehingga manusia menjadi stress dan tertekan. Tetapi di sini sangat indah, betul-betul indah. Bagi kita yang sudah terangkat inilah Surga Bumi Lama, sangat indah, akan kita nikmati 1000 tahun lalu sesudah itu Surga Bumi Baru kita nikmati untuk kekal. Belum lagi hikmat, kuasa, sukacita, kegirangan dll, hubungan dengan sesama yang manis dan hubungan dengan Tuhan langsung begitu indah, lebih daripada Petrus dkk dengan Tuhan Yesus, Elia, Musa di atas gunung Mat 17; tidak terhitung kesukaannya dalam saat-saat ini untuk 1000 tahun. Sangat indah, jangan tukar dengan kesukaan dunia, dosa dan daging yang begitu rendah dan sia-sia, jangan tertipu!
  4. Bisa bekerjasama dan hidup bersama. Segala jenis binatang yang dahulunya jahat dan kejam, sekarang bisa hidup bersama dan bekerjasama. Kalau suami isteri saja (bukan singa dengan domba, tetapi dua orang lahir baru) kalau bisa hidup dan bekerja bersama itu sangat indah. Kadang istri tidak boleh bantu suami sebab tidak bisa bekerja sama, kadang-kadang duduk apalagi tidur bersama itu ramai terus. Tetapi kalau bisa hidup dan bekerja bersama di dalam Kristus, mereka juga akan menikmati suasana Surga dari Tuhan). Disini segala binatang bisa hidup dan bekerja sama dengan manis dan menyenangkan! Betapa indah dunia waktu ini dan bisa dinikmati 1000 tahun, luar biasa. Jangan bingung. Kalau tidak punya uang, tidak bisa tour atau makan enak, berpadalah, tumbuhlah, sebab tunggu beberapa tahun lagi, semua yang bangkit dan ikut terangkat akan menikmati suasana yang amat-amat indah untuk 1000 tahun. Jangan mudah kecewa atau merana sendiri sebab bodoh atau sebab tidak mengerti bahwa hari-hari yang akan datang bagi kita itu sangat-sangat indah.
  5. Tidak ada anak bodoh dan tolol. Heran, anak-anak kecil bisa mengatur binatang-binatang besar dan gemuk-gemuk dan semua menurut. Anak-anakpun hidup dengan indah, gembira, cakap, tidak ada yang bodoh, tolol apalagi idiot, semua bergembira di dalam Tuhan. Akibat dosa seperti sakit, celaka, penderitaan dll dalam manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan dan bumi ini praktis tidak ada lagi, sebab dosa praktis juga tidak ada di antara mereka. Anak-anak kecil sudah cakap hidup seperti orang dewasa dan sanggup mengatur binatang dengan baik.
  6. Pekerjaan yang mudah. Mengatur dan menggembalakan bermacam-macam binatang besar kecil dan yang dahulu jahat-jahat ternyata tidak sulit, anak kecil sanggup melakukannya dengan baik, sebab hadirat dan berkat Tuahn ada di atas seluruh dunia. Semua bekerja dengan berhasil, tidak ada yang gagal, semua menjadi mudah dan sukses dengan mudah.

YESAYA 11:7 PERUBAHAN PRINSIP DALAM BINATANG

LEMBU DAN BERUANG MAKAN (RUMPUT) BERSAMA, ANAK-ANAKNYA AKAN BERBARING BERSAMA-SAMA DAN SINGA AKAN MAKAN JERAMI SEPERTI LEMBU JANTAN

Sampai 1 juta tahun bahkan sampai kapanpun singa tidak mungkin makan jerami. Sifat atau cara hidup seperti ini sudah merupakan sifat tabiat yang tidak mungkin diubah, sebab seluruh tubuh, sel-selnya sudah dibuat sedemikian oleh Tuhan Maz 148:6. Binatang pemakan jerami dan daging (karnivora) itu 100% berbeda, tidak bisa berubah sekalipun dalam keadaan darurat ataupun sebentar saja. Ini perubahan mutlak hanya mungkin dengan kuasa Allah. Sebab itu kerajaan 1000 tahun yang begitu damai tidak mungkin dibuat manusia dan tidak direncanakan Tuhan untuk Gereja sekarang, tetapi baru dibuat oleh Tuhan sesudah perang Harmagedon, yaitu di dalam kerajaan 1000 tahun.
Pernah ada perubahan-perubahan kecil dan besar dalam dunia binatang dan tumbuh-tumbuhan dalam sejarah manusia, yaitu pada:

  1. Pada waktu kejatuhan Hawa dan Adam dan Tuhan mengutuki mereka, maka seluruh bumi dan isinya juga berubah oleh kutuk yang dahsyat itu Kej 3:17. Ada perubahan pada dunia benda, tumbuh-tumbuhan dan binatang, sehingga terjadi degradasi, kerusakan (tidak binasa tetapi rusak) sifat atau tabiat menjadi rusak. Misalnya pada benda-benda (berkarat, perubahan warna dan kemurnian, kerusakan-kerusakan), juga pada tumbuh-tumbuhan (segala macam penyakit dan kerusakan) dan  perubahan pada binatang. Mula-mula semua binatang hanya makan daun-daun, sekarang banyak yang berubah makan binatang lain (dengan membunuhnya) dan timbul racun-racun seperti pada ular kalajengking, nyamuk dll dan tabiatnya menjadi kejam, jahat, liar dll. Semua berubah menjadi makin jahat seperti iblis. Semua perubahan ini terjadi tiba-tiba, bukan evolusi (pelan-pelan).
  2. Waktu masuk kapal Nuh. Dunia binatang tiba-tiba berubah lagi menjadi seperti di Eden dan bisa diatur, tidak liar (sekarang ada penjinak binatang di Sirkus, tetapi tetap berbahaya). Semua binatang menurut dan datang ke bahtera Nuh serta pola makan dan tabiatnya berubah untuk kurang lebih 1 tahun atau paling sedikit satu generasi dari binatang-binatang itu. Sebab kalau langsung menjadi buas, maka binatang-binatang halal akan langsung habis diterkam singa, beruang dll, habis.
  3. Singa-singa dalam lubang singa Daniel untuk semalam. Lubang singa ini seperti kerajaan 1000 tahun bagi Daniel, sebab singa-singanya menjadi jinak dan kooperatif. Tetapi sesudah Daniel keluar, singa itu kembali seperti semula. Perhatikan dunia benda juga bisa berubah atas perintah Tuhan, misalnya api tidak lagi membakar Sadrakh, Mesakh, Abednego, air Kolsom (Laut Teberau) dan Yordan bisa berdiri dan Israel berjalan di tengah-tengah air, matahari berhenti berputar waktu dihentikan Yosua, air berubah menjadi anggur oleh Putra manusia Yesus di Kana dan banyak lagi yang lain.
    Secara pribadi atau lokal mungkin ada lagi kasus-kasus seperti Daniel, kita tidak tahu, misalnya Putra manusia Yesus hidup di tengah-tengah binatang buas waktu berpuasa 40 hari 40 malam, juga waktu Petrus disuruh menebar jala, ikan2 datang semua masuk di jala Petrus (juga Sadhu Sundarsigh dll mengalami seperti ini).
  4. Sesudah Tuhan Yesus datang yang kedua kalinya, dan mendarat di bumi, bumi berubah seperti yang diceritakan di atas dengan tiba-tiba.
  5. Dalam Surga Bumi Baru ada cara-cara yang baru dan setiap orang dalam Surga Bumi Baru punya kemampuan seperti Kristus, tentu lebih rendah, tetapi luar biasa.

YESAYA 11:8 TIDAK ADA RACUN DAN BAHAYA DALAM KERAJAAN 1000 TAHUN

ANAK PENYUSU AKAN BERMAIN DI LUBANG ULAR BILUDAK (KOBRA-?) DAN ANAK YANG DISAPIH AKAN MELETAKKAN TANGANNYA DI LUBANG ULAR TEDUNG

Heran, tidak ada racun ular maupun racun-racun yang lain (tampaknya alergi juga akan hilang dan semua sistem racun, sehingga praktis tidak ada penyakit lagi). Sebab itu umur manusia naik sampai 1000 tahun seperti semula, Metusalah hidup 969 tahun, Adam lebih lama yaitu 930 tahun ditambah di Taman Eden sejak penciptaannya Kej 5:3,24. Juga semua zat-zat dari benda, tumbuh-tumbuhan dan binatang tidak lagi menimbulkan bahaya, misalnya bakteri, zat-zat organis, tidak lagi ada keracunan timah hitam, air raksa dll. Keadaannya indah dan ideal. Semua keadaan kerajaan 1000 tahun menjadi dasar untuk hidup yang bahagia dan penuh sukacita.

YESAYA 11:9 PENGETAHUAN TUHAN MENUTUPI SELURUH DUNIA

MEREKA TIDAK AKAN DISAKITI ATAU DIBINASAKAN DI ATAS SELURUH GUNUNGKU YANG SUCI

Dalam Terjemahan Lama: Tiada jahat dan rugi, Terj. Baru: tidak ada yang berbuat jahat atau berlaku busuk.
Sungguh-sungguh keadaan yang ideal, tidak ada yang membuat masa sakit, sedih, menderita atau celaka. Bukan main. Sebab itu juga tidak ada polisi, penjara, pengadilan dsb. Hanya pada permulaan,dalam fase transisi (peralihan) dari permulaan keadaan 1000 tahun ada orang-orang yang dihukum dahsyat, tetapi sesudah itu praktis tidak ada dosa dan kejahatan.
Di atas gunung kesucian Tuhan adalah Yerusalem di bumi sekarang, adalah tempat pemerintahan Kristus, tahta Daud. Bumi ini diperintah dari sini, sebab itu hal ini berlaku untuk seluruh dunia. Dalam kerajaan 1000 tahun Tuhan Yesus duduk di tahta Daud secara lahiriah bagi orang-orang lahiriah dan secara rohani untuk orang-orang yang sudah bangkit yang turun ber-sama2 Tuhan.

KARENA BUMI AKAN PENUH DENGAN PENGETAHUAN TUHAN SEPERTI AIR MENUTUPI LAUTAN

Air menutupi lautan itu rata, tidak ada yang kelewatan, semua diliputi tanpa kecuali. Begitulah seluruh bumi (manusia lahiriah) akan diliputi dengan pengetahuan akan Tuhan semua mengerti. Sebab itu mereka takut akan Tuhan, tidak ada yang berani karena hukuman Tuhan keras. Kita mendapatkan bahwa rakyat kerajaan 1000 tahun itu semua mengerti tentang Tuhan dan takut (sebab diancam tongkat besi) sebab itu mereka tidak berdosa tetapi potensial masih bisa berdosa. Manusia sekarang kalau tidak mengerti kebenaran Firman Tuhan akan sesat dan jatuh dalam dosa Mrk 12:24. Tetapi kalau mengerti, belum tentu berhenti berbuat dosa, sebab mengerti tetapi tidak mau melakukan akan tetap berbuat dosa Yak 1:22-23, atau bisa mengajar tetapi tidak melakukan Mat 23:3-4.
Orang-orang dalam kerajaan 1000 tahun semua mengerti dengan jelas, tetapi mereka tidak mempunyai pilihan untuk tidak melakukannya sebab diancam dengan tongkat besi. Baru pada akhir kerajaan 1000 tahun, waktu iblis dilepaskan dan tongkat besi disimpan, ada kesempatan dan pilihan untuk taat atau tidak, maka sebagian tidak mau taat, mereka melawan Tuhan dan binasa dll perang Gog dan Magog.
Lalu mengapa Tuhan melakukan semua perkara ini? Untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa orang yang tidak percaya, sekalipun sudah menikmati 1000 tahun damai yang amat indah dan mengerti dengan cukup jelas, kalau tidak percaya, mereka tidak akan taat, tetapi menurut kehendak sendiri atau yang lain dan tidak mau taat akan Firman Tuhan, kemudian binasa.
Sebab itu kita harus memelihara iman ini baik-baik, jangan buang iman yang begitu mulia, jangan ditukar dengan perkara-perkara yang sia-sia dan fana 1Tes 3:2-3.
Pada zaman sekarang, pengetahuan Tuhan itu tidak begitu mudah meliputi dunia seperti air menutup lautan, sebab ada orang-orang yang mau percaya dan yang tidak mau percaya. Sebab itu tidak semua bisa mengerti pengetahuan dari Tuhan, hanya mereka yang di dalam Kristus dan tekun mencari-Nya akan mengerti Mrk 4:13, Mat 13:12,13. Orang-orang yang mendapat karunia untuk mengerti dan tekun mencarinya seperti Matius 13:44-46 akan mendapat makin lama makin banyak serta terus mentaati-Nya, maka mereka akan mengalami semua janji-janji Allah yang dimengertinya itu 2Raj 2:10. Memang mencarinya saja sekarang sudah sulit, apalagi kalau tetap tinggal (merosot) ke Halaman, tidak akan menemukannya, sebab itu hanya diberikan bagi orang-orang yang di dalam, yang hidupnya berkenan pada Tuhan, sehinggayang punya justru dapat lebih banyak Mat 13:12.
Mengapa mencari pengetahuan tentang Tuhan berbeda dengan kerajaan 1000 tahun? Sebab sekarang orang-orang berman dihalang-halangi dan ditarik oleh tiga daya tarik yang kuat yaitu daging, dunia dan iblis.
Dalam Kerajaan 1000 tahun praktis ketiga ini tidak ada. Kita sekarang harus mengalahkan ketiga hal ini (dengan kuasa Tuhan Flp 4:13), baru Tuhan memberikan pengetahuan Tuhan itu dan kalau kita tetap setia, kita akan mengalaminya sedikit demi sedikit sampai penuh; istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel, waktu dosa dibersihkan dari Gereja maka pengetahuan dan kemuliaan Tuhan akan memenuhi seluruh Gereja Tuhan yang sudah dibersihkan dari dosa Hab 2:14, sehingga tidak ada lagi Firman Tuhan yang tersembunyi Mat 10:26-27 dan Gereja tumbuh sampai kepada kesempurnaan rencana Allah. Mereka yang menjadi sempurna, langsung naik ke tahta Allah dan akhirnya seluruh Gereja yang penuh dengan pengetahuan Tuhan akan terangkat. (Orang-orang di luar Gereja akan tertinggal).
Dalam kerajaan 1000 tahun ujiannya baru pada akhir kerajaan 1000 tahun, di sini pengetahuan itu baru diuji dan yang tidak percaya Tuhan Yesus pasti jatuh. Pengetahuan dalam kerajaan 1000 tahun juga tidak bisa meningkat terlalu tinggi, sebab tidak ada salib, tidak ada pertumbuhan yang cukup, sebab tidak ada sengsara salib Ibr 2:10.

KESIMPULAN

Dalam Kerajaan 1000 tahun, pengolahan dan pertumbuhan rohani berjalan lambat dan tidak banyak, tetapi sekarang ini kita diolah dan diuji dengan gangguan dan halangan yang besar, tetapi ada pertumbuhan yang besar juga, sampai hari kematian atau pengangkatan. Sesudah itu peperangan selesai,datang hari perhentian yang mulia dan sudah kekal, tidak lagi bisa jatuh atau keluar dari Surga. Sekarang pikul salib, diolah dan harus taat, jangan buang kesempatan yang mulia ini.