Situasi Akhir Zaman

I. BILAMANA?

Akan datang masa yang sangat sulit, dan itu mencapai puncak-puncaknya selama 3,5 tahun sebelum Tuhan Yesus datang kembali.
2Timotius 3:1 Perhatikanlah! Pada akhir zaman akan datang kelak suatu masa yang sukar (TL).
Dalam  Dan 9:24-27 Allah memisahkan, menyendirikan 1 minggu nubuatan (=7 tahun) yang terakhir (Lihat TE no 21 hal 27). Allah sengaja memisahkan “minggu ini” begitu jauh dari yang lainnya sebab di dalam minggu terakhir inilah masa kerja Allah dalam zaman kita ini akan diselesaikan!
Segala perkara akan ditentukan dan diselesaikan dalam 7 tahun ini.

Semua peristiwa-peristiwa akhir zaman yang khas dan  dahsyat ini dipusatkan dalam minggu ke 70 Daniel yang  sangat unik dan penuh rahasia ini.
Tetapi orang-orang beriman hanya mengalami 3,5 th yang  pertama saja, lalu ikut dalam pengangkatan, kemudian  selesai, tamat! Mulailah hidup Surgawi yang amat indah dan  mulia untuk kekal.
Tetapi bagi orang-orang beriman yang tertinggal, mereka akan masuk dalam 3,5 th II yang sangat ngeri, top.
Ini akhir zaman yang mendebarkan hati segala pihak!
Dan yang penting diketahui dari permulaanialah kalau saat “akhir zaman ini” sudah datang dan tingkat rohani seorang beriman berada di bawah ukuran minimum untuk masa ini, ia tidak akan tahan, ia akan hanyut di dalam “banjir dosa” pada waktu ini, sehingga jatuh dan binasa.

II. APA?

Masa yang sulit ini bagi Gereja (umat Tuhan) menjadi:
1. Masa “hukuman” yaitu masa ujian.
1 Petrus 4:17 Karena sudah sampai waktunya hukuman mulai berlaku pada isi rumah Allah, tetapi jikalau pada kita ini mulanya, apakah kesudahannya segala orang yang tiada menurut Injil Allah itu? (TL).
Hukuman di sini berlaku pada isi rumah Allah. Ayat ini berkata: “hukum mulai berlaku…..” Apakah zaman dahulu tidak ada hukuman? Tentu  ada! Tetapi ini adalah masa hukuman yang istimewa, baru mulai pada akhir zaman, yaitu pada masa kesukaran yang hebat ini. Orang-orang yang hidup dalam dosa, itu hidup sendirian, mereka tidak akan tahan dalam masa yang sulit ini. Mereka menjadi pahit hatinya, berontak dan jatuh di dalam dosa, gugur. Mereka terbakar habis dalam macam-macam api kesulitan ini. Orang-orang suci juga mengalami masa yang sulit ini dan bagi mereka ini menjadi ujian. ujian itu “sakitnya” sama seperti hukuman, tetapi prinsipnya lain. Ingat Ayub yang diuji, rasa-rasanya seperti terkutuk, dihukum, tetapi sebetulnya itu sesuatu ujian bagi Ayub.
2. BAPTISAN API
Masa yang sulit ini menyala sebagai “baptisan api”
Lukas 12:49 Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah aku harapkan, api itu telah menyala.
Tuhan Yesus yang melemparkan api ini, sebab Dialah pembaptis dengan Roh dan api.
Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepas kasutNya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
Api ini menyala di bumi dan bagi orang yang hidup dalam dosa atau pura-pura, api ini menghukumkan dia seperti Ananias dan Safira Kis 5:1-12. Tetapi bagi orang yang tulus dan sungguh-sungguh, justru api ini menyempurnakan mereka.
Zakharia 13:9 Aku akan menaruh (TL: Kumasukkan) yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil namaKu, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: “Mereka adalah umatKu.” dan mereka akan menjawab: “Tuhan adalah Allahku!”
3. PENGOLAHAN DENGAN SENGSARA
Ibrani 2:10b Supaya Ia, yang membawa beberapa banyak anak kepada kemuliaan, menyempurnakan Penganjur keselamtan mereka itu dengan banyak sengsara (TL).
Tuhan Yesus yaitu pengantin laki-laki disempurnakan dengan banyak sengsara. Begitu juga pengantin perempuan yaitu Gereja diolah dengan banyak sengsara pada kesempatan terakhir ini (Pil 1:29 Kis 14:22).
4. HUJAN AKHIR
Pada akhir zaman ini Allah mencurahkan Roh Penolong ini dengan amat limpah untuk menolong orang-orang beriman.
Kis 2: 17-18 Akan terjadi pada hari-hari terakhir (TL: akhir zaman) demikianlah Firman Allah bahwa Aku akan mencurahkan RohKu ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi

Juga ke atas hamba-hambaKu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan RohKu pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.

III. CIRI KHAS AKHIR ZAMAN

Wahyu 22:11 Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!”


Pada saat ini, baik dosa juga kesucian meningkat luar biasa mencapai puncak-puncak kesempurnaannya.

BERSAMAAN?

Dapatkah dosa dan kesucian yang memuncak ini sama-sama berada dalam satu masa?
Dapat! Sebab:
1. RENCANA ALLAH
Ini adalah rencana Allah yang dinyatakan Allah di dalam FirmanNya (seperti ayat di atas dan lain-lain).

2. Fasilitas khusus dan limpah untuk Gereja
Gereja akan diberi fasilitas yang untuk menghadapi dosa yang luar biasa ini; yaitu hujan akhir, pembukaan Firman Tuhan yang dalam-dalam, jabatan-jabatan yang nyata sekali dan lain-lain, bahkan ketiga oknum Allah lengkap bekerja di dalam GerejaNya Wah 12:1.

3. Ujian untuk kesempurnaan Untuk menjadi sempurna, ujiannya juga tingkat tinggi. Sebab itu Tuhan izinkan api yang hebat menyala di dalam dunia (sebab dosa bertambah-tambah luar biasa) membakar GerejaNya menjadi ujian akhir (baptisan api) yang menyempurnakan GerejaNya.
Tetapi, kesucian akan mencapai kesempurnaan terlebih dahulu. Sekalipun dosa juga meningkat luar biasa, ia tetap tertahan selama Gereja masih ada dalam dunia, lebih-lebih Gereja yang penuh Roh Kudus itu penuh dengan kuasa Allah.  Sama seperti ikan asin tidak bisa busuk 100% selama ada garam dalam dirinya, juga gelap itu tidak bisa nyata penuh selama masih adaterang (Mat 5:14-16). Begitu pula dosa tidak dapat mencapai kesempurnaannya selama Gereja masih ada di dunia.  Baru sesudah Gereja diangkat, begitu juga Roh Kudus (2Tes 2:7), barulah dunia menjadi gelap total, di mana-mana dosa menjadi sempurna dan Antikris dapat menyatakan diri dengan sepenuh-penuhnya.

Inilah ciri-ciri khas akhir zaman yang hebat ini yaitu dosa dan kesucian sama-sama meningkat dalam saat yang sama.

IV. Tingkatan-tingkatan orang Kristen

Dari skema Kemah Suci kita dapat melihat tingkatan-tingkatan orang Kristen yang Alkitabiah.
Pengertian tentang Kemah Suci itu sangat penting dan besar sekali faedahnya untuk mengerti rahasia Firman Tuhan yang dalam-dalam. Orang-orang beriman yang ingin tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan (Pada akhir zaman ini suatu keharusan) akan sangat tertolong oleh pengertian-pengertian pelajaran Kemah Suci yang Alkitabiah ini. Wahyu akan lebih terbuka dan lebih mudah dimengerti kalau kita mengenal Kemah Suci ini, juga banyak buku-buku Perjanjian Baru lainnya seperti Ibrani dan lain-lain menjadi jelas sekali dengan pengertian Kemah Suci. Lebih-lebih Perjanjian Lama terbuka begitu jelas kalau kita mengenal pelajaran Kemah Suci yang ditulis dalam Kel 25-40, Imamat, Bilangan, Ulangan dan lain-lain. (Pelajarilah ringkasannya dalam TE no I atau keterangan lengkap dalam buku Kemah Suci yang juga ditulis oleh penulis TE).

Orang dosa.

Semua manusia adalah orang berdosa Rum 3:23. Inilah  orang-orang yang di luar Halaman.

Orang Benar

Pada waktu kita percaya pada Tuhan Yesus sebagai Juru  selamat kita, dosa kita diampuni. Kita dibenarkan di  hadapan Tuhan, kita menjadi orang benar di hadapan  Allah Rum 5:1.
Inilah tingkat Halaman.

Orang suci

Pada waktu Roh Kudus dicurahkan ke dalam hati kita, sifat-sifat ilahi diisikan ke dalam kita (2Pet 1:4 Gal 4:6-8 Rum 8:9), kita menjadi suci dengan kesucian yang dari Allah. Anak-anak Allah atau orang suci itulah orang-orang yang dipimpin Roh Rum 8:14, berjalan dalam Roh (Gal 5:16,25) bertumbuh terus dalam melakukan kehendak Allah. Inilah orang-orang yang berjalan dalam Ruangan Suci. (Lahir baru itu mencakup dari Pintu Gerbang sampai dengan Pintu Kemah Yoh 1:12/3:5).

Orang Sempurna

Orang-orang suci yang tumbuh terus, mahir pikul salib dan melakukan kehendak Allah, akhirnya mati sama sekali dari tabiat daging dan menjadi sempurna dan duduk dengan Kristus di atas tahtaNya Wah 3:21. Inilah orang-orang yang mutlak suci, tidak lagi dapat berdosa, seperti Allah Yoh 10:35.
Inilah tingkat Ruangan Maha Suci.

VA. BATAS MINUMUM ZAMAN SEKARANG

Batas minimum zaman sekarang masih terletak di Pintu Gerbang, yaitu percaya kepada Tuhan Yesus sebagai satu-satunya pintu keselamatan. Orang yang percaya akan langsung selamat (Misalnya Luk 23:43). Tentu saja jangan tinggal terus dalam tingkatan minimum ini, sebab itu berarti orang ini tidak tumbuh dan ia akan mudah jatuh kembali di dalam dosa dan terhilang. Harus meningkat, tumbuh terus menerus selama masih ada kesempatan.

VB. BATAS MINIMUM AKHIR ZAMAN

Ini letaknya lebih tinggi yaitu di Pintu Kemah, yaitu orang yang sudah dimeteraikan dengan baptisan Roh Kudus. Ini batas minimum di akhir zaman, sebab rata-rata keadaan rohani orang-orang beriman sudah jauh lebih tinggi dari batas minimum ini. Orang-orang di dalam tingkatan minimum ini dapat bertahan, tetapi keadaannya amat berbahaya sebab mudah jatuh kembali. Kita akan mengerti lebih jelas tentang halini sesudah penjelasan-penjelasan berikut ini.

VI. HUJAN AKHIR


Apakah Hujan Akhir itu?
Ini adalah salah satu tanda khas dari akhir zaman.
Hujan Akhir ialah:

  1. Kegerakan rohani yang besar akibat pencurahan Roh Kudus secara besar-besaran (Yes 32:15, Yoel 2:28-32)
  2. Pada akhir Zaman (Kis 2:17-18)
  3. Di seluruh dunia, untuk tubuh Kristus sedunia
  4. Dalam ukuran yang lebih besar dari hujan awal
  5. Untuk menyempurnakan Gereja

Ada dua kali pencurahan Roh Kudus secara besar-besaran, dan itu diumpamakan Alkitab sebagai hujan awal dan hujan akhir bagi tanaman di ladang.
Hujan Awal itu diperlukan untuk membongkar tanah untuk dapat memulai menanam. Ini sudah digenapkan pada zaman Rasul-Rasul sejak Roh Kudus dicurahkan secara besar-besaran pada hari Pentakosta. Hasilnya ialah Gereja mulai tertanam di dunia.
Ulangan 11:14 maka Ia akan memberikan hujan untuk tanahmu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu

Hujan Akhir diperlukan untuk membuat tanaman yang sudah menyorongkan mayangnya menjadi matang, sehingga gandum, anggur dan minyak dapat dikumpulkan dan dibawa masuk ke dalam lumbung (Yoel 2: 23)

1. Kegerakan Rohani yang besar
Akibat pencurahan Roh Kudus timbul kegerakan rohani yang besar antara lain:
-Pertobatan yang drastis dan baptisan Roh Kudus (Kisah 2: 46-47)
-Gairah yang besar untuk beribadat (puji-pujian, doa dan Firman Tuhan, Kis 2:42)
-Hidup dalam kesukaan yang besar, kesucian, dan kasih ilahi
-Semangat bersaksi sehingga timbul pasukan kaum awam yang besar (Maz 68:12)
-Kuasa, karunia-karunia, buah Roh Kudus yang nyata dengan limpah (Kis 2: 17-18)
Ini sudah dijanjikan Allah dalam nubuatan-nubuatan Alkitab, misalnya:
Yesaya 32:15 Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan (Baca juga Yes 35: 1-10)
Keadaan akhir zaman dalam Gereja oleh pekerjaan Roh Kudus yang limpah itu menjadi begitu indah dan ideal. Sebab itu keindahan pekerjaan di hari-hari yang lalu itu seolah-olah hanya seperti hutan dibandingkan dengan hasil pekerjaan Roh Kudus yang amat ajaib ini
2. Pada akhir Zaman
Kapan dimulai?
Kita tidak tahu dengan tepat. Tetapi dalam zaman sekarang ini Roh Kudus sudah dicurahkan dalam ukuran cukup besar dimana-mana, dan hal ini belum pernah terjadi dalam hari-hari yang lalu! Waktunya sudah dekat!
3. Di seluruh dunia
Kita masih belum melihat kegerakan Roh Kudus ini meliputi seluruh dunia. Masih banyak negara-negara yang keadaan rohaninya kurus dan gersang seperti padang pasir. Tetapi satu demi satu negara mulai dijamah oleh kegerakan Roh Kudus. Banyak aliran massa, ideologi, keyakinan dan lain-lain di segala tempat di bumi mulai tumbang dan mulai dibasahi oleh hujan akhir yang penuh berkat dan kuasa ini.
Saat ini sudah tidak lama lagi. Hampir di semua benua Roh Kudus sudah bekerja dengan hebat.Data-data yang sekarang ada di hadapan kita sangat mendebarkan hati, sebab waktunya sudah sangat dekat!
4. Dalam ukuran kwantitas dan kwalitas yang lebih tinggi daripada hujan awal.
Mengapa?
Sampai dimana Roh Kudus dapat memasukkan kebenaran-kebenaran Firman Tuhan di dalam hati kita, sampai disinilah rohani kita dapat dimatangkan oleh kegerakan Roh Kudus ini. Di dalam hujan awal masih banyak Firman Tuhan yang belum terbuka, sebab itu ukuran kegerakan Roh Kudus hanya dapat bekerja sampai disitu saja.
Di dalam akhir zaman ini, semua Firman Tuhan yang tertutup, yang dimeteraikan akan dibukakan. Sebab itu Roh Kudus akan lebih banyak menuliskan rahasia-rahasia kebenaran Firman Tuhan di dalam hati kita sehingga Roh Kudus dapat bekerja lebih jauh dalam menyempurnakan Gereja Tuhan akhir zaman, bahkan sampai kepada target kesempurnaan. Sebab itu kegerakan hujan akhir ini jauh lebih besar dari hujan awal dan membawa Gereja kepada kesempurnaan.
5. Tujuan Hujan Akhir
a. Untuk memberi kekuatan dan kesukaan yang amat besar di dalam hati orang-orang beriman supaya tahan segala tantangan dan godaan yang begitu jahat dan terang-terangan (Yes 32:16-17)
b. Memperlengkapi Gereja dengan karunia-karunia dan kuasa yang besar. Juga memberi pengurapan yang limpah untuk pembukaan rahasia-rahasia Firman Tuhan yang dahulu masih termeterai. Semua ini dibutuhkan Gereja untuk masuk di dalam kesempurnaan.
c. Untuk tahan dalam pengolahan mematikan daging sampai betul-betul mati, mati sepenuh dari segala kedagingan lalu masuk (tumbuh) dalam kesempurnaan.
Tanpa kuasa, karunia-karunia, kesukaan dan pengurapan Roh Kudus yang limpah seperti putra-putra minyak (Zakh 4:12), tidak seorangpun dapat bertahan dalam zaman yang gila dan terang-terangan keji ini Mat 24:22. Tetapi dengan Tuhan kita sanggup bahkan menang dan tumbuh terus menjadi sempurna Zakh 4:6 Pil 4:13..
Hasil hujan awal, Gereja tumbuh dimana-mana diantara segala bangsa. Hasil hujan akhir ialah Gereja disempurnakan dimana-mana, timbul orang-orang sempurna dimana-mana di seluruh dunia.

VII. ORANG SUCI BERTAMBAH SUCI


Sekalipun dosa pada akhir zaman ini bukan main hebatnya, menggoda, menyerang dan masuk dalam pikiran setiap orang hendak menyeretnya sampai jatuh, tetapi orang-orang beriman sama sekali tidak perlu kuatir.
Justru dalam keadaan semacam ini kita akan makin bertumbuh di dalam kesucian, bahkan sebagian berhasil menjadi sempurna. Gerakan Allah dalam hujan akhir ini begitu kuat mendorong, menyokong, dan membantu setiap orang beriman. Sehingga semua orang yang mau sungguh-sungguh hidup dalam kesucian justru tumbuh dengan pesat.
Hal-hal yang menyebabkan pertumbuhan yang sangat pesat dan gemilang di dalam hujan akhir ini adalah:
a. Tidak ada lagi orang yang sungguh-sungguh yang tidak penuh dengan Roh Kudus. Semua dapat berdoa dalam Roh lidah dan mahir dengan segala karunia-karunia Roh. Zaman sekarang masih belum semua orang yang sungguh-sungguh penuh dengan Roh Kudus. Tetapi gebrakan-gebarakan hujan akhir ini sudah nampak di mana-mana. Gereja-gereja yang dahulunya menentang baptisan Roh Kudus mulai penuh dengan Roh Kudus di mana-mana di seluruh dunia. Sebentar lagi semua orang, setiap orang beriman yang sungguh-sungguh akan penuh Roh Kudus dalam hujan akhir ini, dan berjalan dalam Roh senantiasa (Tentu yang munafik dan setengah hati tidak ikut dalam aliran ini, tetapi terseret dalam aliran maut duniawi).
b. Pembukaan FT. Semua rahasia yang termeterai pada zaman yang dahulu (Dan 12:4), dibukakan Tuhan  (Wah 5)
Matius 10:26-27. Jadi janganlah takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun (rahasia) yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Apa yang Kukatakan kepadamu (rahasia-rahasia Firman Allah) dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.
Rahasia-rahasia ini membuat orang-orang beriman menjadi kuat sebab:
a. Mengerti rahasia-rahasia Firman Tuhan tentang bagaimana dapat bertumbuh sampai sempurna.
b. Mengerti rahasia peristiwa-peristiwa akhir zaman sampai Tuhan Yesus datang kembali.
c. Mengerti segala siasat dan mulut besar iblis dan Antikris, sehingga tidak takut (Luk 21:26)
Dalam Wah 5 dijanjikan bahwa akan ada pembukaan rahasia-rahasia Firman Tuhan yang termeterai ini. Juga dalam fatsal ini dikatakan bahwa pembukaan yang dalam-dalam ini membuat kegerakan yang besar-besar di seluruh dunia, bahkan sampai ke Sorga dan di bawah bumi, semua memuji-muji dan menyembah Allah (Wah 5:13)
c. Pelayanan jabatan dalam ukuran penuh.
Gereja-gereja akan dilengkapi dengan para rasul, nabi, penginjil, gembala dan guru sebagai pimpinan dan segala macam jabatan lainnya untuk melengkapi tubuh Kristus (Efesus 4:11-12). Jabatan-jabatan ini berfungsi sepenuh-penuhnya dalam kerja sama yang indah dan dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah. Sebab itu Gereja bertumbuh dengan pesat. Setiap anggota menjadi semakin kuat dan tahan ujian sehingga tumbuh semakin suci.
d. Pelayanan orang sempurna
Seperti contoh yang diberikan oleh Tuhan Yesus.  Ada beberapa orang yang mencapai tingkatan kesempurnaan dalam masa-masa ini dan kembali melayani Gereja dengan pelayanan orang sempurna yang sangat ajaib itu. Tuhan sudah menjanjikan hal ini.
Yohanes 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa.
Sesudah Tuhan Yesus bangkit, Tuhan hanya melayani orang-orang tertentu (yaitu orang-orang di dalam Ruangan Suci, orang-orang suci saja) supaya mereka tumbuh terus. Sesudah bangkit Tuhan tidak lagi melayani segala orang… Kis 10:40-41 Inilah pelayanan orang sempurna yang menguatkan dan mempersiapkan orang-orang suci dengan cara yang sangat ajaib.
Kisah Rasul 1:3 Kepada mereka Ia menunjukkan diriNya setelah penderitaaNya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan, bahwa ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.
Pelayanan sesudah kebangkitan ini lain sifatnya dari pada pelayanan sebelumnya. ty melayani sebagai orang  sempurna yang tidak lagi membutuhkan rumah, tempat tinggal, biaya, makan minum dan lain-lain  yang diperlukan tubuh manusiawi yang belum sempurna. (Tentang pelayanan orang  sempurna akan dibahas lebih mendetail dalam pelajaran kesempurnaan kelak).
Semua ini menyediakan dengan limpah pelayanan yang begitu ajaib dan perlu waktu, sehingga menolong dan mendorong orang-orang tumbuh dengan pesat dalam kesucian, bahkan sebagian menjadi msempurna. Coba renungkan! Ada pelayanan beberapa orang yang diurapi Tuhan dengan luar biasa dalam zaman sekarang, begitu ia menjadi berkat bagi banyak orang. Ini belum pelayanan orang sempurna, sudah begitu heran, apalagi pelayanan orang  sempurna, pengaruhnya sangat positip dan besar, tetapi tidak untuk umum, hanya untuk orang-orang yang di dalam ruangan Suci, tetapi sangat indah!
Sebab itu orang-orang yang sungguh-sungguh mau beribadat akan mendapat dorongan dan fasilitas-fasilitas yang cukup limpah untuk terus tumbuh kepada tingkat-tingkat yang lebih tinggi.

VIII. PEMISAHAN PADA AKHIR ZAMAN

Dalam zaman sekarang ini kita praktis mendapatkan 3 golongan dalam Gereja, masing-masing termasuk golongan besar, yaitu orang-orang Kristen yang:
panas ~ Ruangan Suci, Ruangan Maha Suci.
suam ~ Halaman
Dingin ~ luar halaman(murtad)
Pada akhir zaman daya tarik dosa dan dorongan dari pekerjaan Roh Kudus itu sama-sama meningkat mencapai maksimumnya (sekarang pengaruh dosa dan pekerjaan Roh Kudus belum maksimum).
Pekerjaan Roh Kudus (bahkan ketiga oknum Allah semuanya aktif bekerja menolong Gereja) begitu kuat (hujan akhir!) sehingga siapa saja yang sungguh-sungguh mau beribadat akan penuh dengan Roh Kudus (=PK=batas minimum akhir zaman) kuat imannya dan meningkat dalam kesucian makin lama makin tinggi.
Tetapi juga daya tarik dosa dan pengaruhnya amat kuat, maksimum, sehingga dosa bertambah-tambah luar biasa. Akhirnya, semuanya orang yang ikut Tuhan dengan setengah hati, yang plin-plan, ragu-ragu, main-main, munafik, ikut-ikutan saja, semuanya akan hanyut dalam dosa, dalam aliran maut dunia ini. Kesempatan untuk berbuat dosa begitu limpah & bebas, sangat menggiurkan untuk daging. Semua orang-orang dalam golongan yang setengah hati ini akan jatuh dalam dosa yang keji-keji sehingga undur dan murtad, kecuali yang sungguh-sungguh bertobat. Sebab itu dalam masa-masa ini timbul begitu masih bertahan, yang melihatnya, menjadi ngeri sekali! Dari tokoh-tokoh pimpinan sampai anggota biasa, jatuh begitu dalam dan keji, begitu hebat dan banyak sampai bulu roma berdiri dan hati begitu berdukacita. Ini sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan antara lain dalam 2Tes 2:3/1Tim 3:1/Wah 12:4 dsb. Semua orang-orang ini tergolong orang-orang yang tidak mau salib, mereka dekat-dekat  sebab selalu mau mencicipi sedikit-sedikit kesukaan dosa (yang hanya seketika itu), sehingga akhirnya mereka jatuh bergelimpang dalam kenajisan dosa seperti babi dan anjing.
Jadi kita melihat ada suatu pemisahan yang tegas dan nyata pada akhir zaman ini antara orang yang sungguh-sungguh mau berbakti dan orang yang hanya setengah hati atau main-main.
1Yohanes 2:19 Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata,bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk kita.
1Korintus 11:19 Sebab diantara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah diantara kamu yang tahan uji.

Akibatnya golongan yang suam dengan cepat menjadi habis yaitu:
a. Yang sungguh-sungguh mau percaya akan bertobat dengan segenap hatinya, penuh dengan Roh Kudus dan tumbuh luar biasa di dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus, sehingga mereka berubah menjadi menjadi “golongan panas”
b. Yang tetap main-main dan suka mencicipi kemanisan dosa dan kemuliaan dunia akan terjerat dan hanyut dalam dosa yang keji-keji dan undur dari Tuhan, sehingga berubah menjadi “golongan dingin”, golongan luar Halaman. Akhirnya mereka tidak lagi mau bertobat dan kerbatnya pecah pada zaman hujan akhir ini
Lukas 5:39 Dan tidak seorangpun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata: “Anggur yang tua itu baik.”
Orang-orang seperti ini menjadi korban dari aliran maut yang membanjiri seluruh dunia. Dahsyat!

MENGAPA TERJADI PEMISAHAN?

A. AKIBAT HUJAN AKHIR, ORANG-ORANG TERDESAK UNTUK MEMILIH ATAU HANYUT

Pada akhir zaman ini semua orang-orang suam dalam Gereja tidak dapat tinggal suam, mereka terdesak atau terpojok untuk memilih antara Allah atau iblis, rohani atau duniawi.

Di dalam dunia
Pada masa ini pekerjaan setan meningkat luar biasa. Lebih-lebih sesudah iblis diusir dari Surga, ia turun ke bumi dengan amarah yang besar (Wah 12:12). Ia berusaha menjatuhkan orang-orang beriman sebanyak-banyaknya, sehebat-hebatnya.
Baik dengan ancaman, tekanan, siksaan, dan macam-macam penderitaan, serta dengan mulut besarnya. Di pihak lain ia berusaha dengan macam-macam tipu daya yang halus dan licin.
Rayuan dan godaan ntuk hidup dalam dosa bertambah luar biasa dan “kesempatan resmi” untuk hidup menuruti daging, limpah dimana-mana, disetujui semua orang. Ini menjadi suatu aliran kematian rohani (maut) yang besar, yang membanjiri selruh dunia. Semua orang beriman yang setengah hati akan terseret ke dalamnya. Sekalipun ia masih datang ke Gereja, orang-orang yang setengah hati ini tidak akan dapat bertahan lagi.
Di dalam Gereja
Roh Kudus bekerja dengan kuasa yang amat besar.
Pekerjaan Roh Kudus dalam masa ini kuat sekali (hujan akhir). Juga Allah Bapa dan Allah Anak bekerja dengan limpah di dalam Gereja, sehingga oleh pekerjaan ketiga oknum Allah ini, Gereja menjadi luar biasa.
Wah 12: 1 Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari (Allah Bapa), dengan bulan di bawah kakinya (Allah Anak) dan sebuah mahkota dari dua belas bintang (Allah Roh Kudus) di atas kepalanya.

Sebab itu siapa saja yang sungguh-sunggh mau beribadat akan  penuh dengan Roh Kudus (=Pintu Kemah = batas minimum akhir  zaman)
Dapat dikatakan bahwa setiap orang yang sungguh-sungguh  beribadat, semuanya pasti penuh dengan Roh Kudus; bahkan  keadaan rohani rata-rata dari orang-orang beriman pada akhir  zaman sudah jauh lebih tinggi dari hanya sekedar penuh Roh Kudus.
Jadi pekerjaan Roh Kudus ini memberi dorongan dan kekuatan yang luar biasa, sehingga orang-orang akan tumbuh dalam segala segi hidup rohaninya. Rata-rata orang di dalam akhir zaman ini sudah mahir berjalan dalam Roh, penuh dengan karunia-karunia Roh Kudus, jabatan-jabatannya nyata, rata-rata mempunyai pengertian Firman Tuhan yang dalam-dalam, penuh penyerahan dan terus tumbuh. Orang-orang ini akan menjadi kuat imannya dan meningkat dalam kesucian makin lama makin tinggi, menuju kepada kesempurnaan.
Akhirnya.
Semua orang yang ikut Tuhan dengan setengah hati, yang plin plan, ragu-ragu, main-main, munafik, ikut-ikutan saja, semuanya akan hanyut dalam dosa, dalam aliran maut dunia ini. Kesempatan untuk berbuat dosa begitu limpah dan bebas, sangat menggiurkan untuk daging, Semua orang yang termasuk golongan orang yang setengah hati ini akan jatuh dalam dosa yang keji-keji sehingga undur dan murtad, kecuali yang sungguh-sungguh bertobat.
Sebab itu dalam masa-masa ini timbul begitu banyak kejatuhan sehingga orang-orang yang masih bertahan, yang melihatnya, menjadi ngeri sekali! Dari tokoh-tokoh pimpinan sampai anggota biasa, jatuh begitu dalam dan keji, begitu hebat dan banyak sampai bulu roma berdiri dan banyak orang menjadi lemas dan putus asa.
Ini sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan antara lain dalam 2 Tes 2:3/ 2Tim 3:1/ Wah 12:4 dan sebagainya.
Semua orang-orang ini tergolong orang-orang yang tidak mau salib, secara diam-diam mereka selalu mau mencicipi sedikit-sedikit kesukaan dosa (yang hanya seketika itu) sehingga akhirnya mereka jatuh bergelimpangan dalam kenajisan dosa.

B. HUKUMAN DALAM GEREJA

Pada zaman ini hukuman dalam Gereja akan berlaku dengan sangat keras, sebab sudah sampai waktunya.

2 Korintus 10:6 dan kami siap sedia juga untuk menghukum setiap kedurhakaan, bila ketaatan kamu telah menjadi sempurna (pada akhir zaman ini)
Mereka yang pura-pura atau main-main akan dihukum sampai mati seperti Ananias dan Safira. Kasus-kasus seperti Ananias ini bertambah banyak dimana-mana sehingga semua orang yang tidak mau sungguh-sungguh akan ketakutan dan menjauh supaya tidak kena hukuman.
Kisah Rasul 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.

Mengapa demikian?
1. Sebab saatnya sudah sampai, semua harus diakhiri dan disempurnakan (1Pet 4:17)
Baik yang menjadi sempurna dalam dosa, atau sempurna dalam kesucian. Setiap orang harus memilih terang-terangan dengan tegas. Ini masa hukuman bagi Gereja, juga menjadi masa ujian dan pengolahan bagi orang-orang beriman supaya sungguh-sungguh beribadat sehingga makin meningkat lebih dekat kepada kesempurnaan.
2. Tuhan menuntut lebih banyak.
Kalau Tuhan sudah memberi banyak fasilitas yang heran-heran (hujan akhir), Tuhan juga menuntut lebih banyak, ini memang hukum Tuhan.
Lukas 12:48 Tetapi yang tiada mengetahui itu, serta melakukan barang yang patut ia disesah, maka ia akan disesah sedikit sahaja. Karena kepada tiap-tiap orang yang dikaruniakan banyak, daripadanyalah akan dituntut banyak, dan kepada orang yang diamanatkan banyak, daripadanyalah akan dituntut balik terlebih banyak (TL)
Jadi dengan adanya peraturan yang keras (langsung dihukum, seperti Ananias) maka orang-orang yang suam dan main-main terpaksa harus menentukan sikap untuk memilih Tuhan atau dunia, selamat atau binasa!

C. KESUKARAN YANG BERTAMBAH-TAMBAH

Pada masa ini dunia penuh dengan kesukaran (2 Tim3:1) sehingga orang-orang terjepit. Lebih-lebih orang yang suam, mereka terjepit. Mereka terpaksa berharap dan minta tolong pada Tuhan atau kepada “yang lain” (kekuatan sendiri, uang, akal, kuasa gelap, dan sebagainya)
Kalau mereka yang berharap pada Tuhan, mereka menyucikan dirinya dan tumbuh dengan pesat dalam gerakan hujan akhir ini. Inilah golongan orang-orang yang beruntung, yang selamat.
Tetapi kalau mereka berharap pada “yang lain”, mereka hanyut dalam dosa dan perkara-perkara duniawi, lebih-lebih dalam kuasa gelap, sehingga tersesat dan binasa.

IX. DUA MACAM GEREJA PADA AKHIR ZAMAN.

Begitu banyak  orang jatuh, tetapi banyak orang-orang yang jatuh ini (yang hidup di dalam dosa) tetap tinggal di dalam Gereja, tertipu oleh pelajaran-pelajaran yang menyesatkan. Mereka mengira mereka tetap selamat dengan segala dosa-dosanya. Mereka tetap bercokol dalam Gereja dengan segala cara-cara ibadat dan kehidupan yang dicocokkan denga tafsiran-tafsiran yang sesat dan keji itu. Sebabitu akan didapat 2 macam Gereja, yaitu Gereja Tuhan dan Gereja setan (jemaat setan).
Wahyu 3:9a Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi (lihat Wah 2:9).
Orang-orang yang tetap bercokol dalam Gereja inilah yang akan menjadi antikris dan mempelainya, yaitu sundal Babil yang besar.
2Tesalonika 2:4b Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah (Lihat juga Mat 24:15).

Ada Gereja yang penuh dengan kesucian dan kasih, tetapi ada juga Gereja yang penuh dengan kenajisan dan kebencian. Beberapa Gereja zaman sekarang (di luar negeri) sudah mengizinkan perceraian, percabulan, homo bahkan memberkati orang homo yang menikah. Ini akan menjadi lebih keji lagi dalam hari-hari yang akan datang. Ditambah dengan okultisme, kekejaman, pembunuhan dan sebagainya lagi….
Ini jemaat-jemaat yang dikuasai iblis.
Memang dosa meningkat terus, dan ini termasuk persiapan untuk zaman antikris yang segera menyusul sesudah Gereja Tuhan diangkat dari bumi

X. KESIMPULAN

A. Akhir zaman ini paling dahsyat, pertempuran paling seru dalam zaman Gereja, antara Allah dan umatNya dengan iblis beserta tentara dan pengikutnya!
1. Allah akan menyelesaikan rencana-Nya, yaitu Gereja akan disempurnakan. Allah mengirimkan hujan akhir dan pembukaan Firman Tuhan yang termeterai, sehingga orang suci bertambah suci sekalipun dunia tambah rusak.
2. Iblis diusir dari Surga, ia marah besar, apalagi ia mengetahui bahwa waktunya sudah hampir habis. Ia bekerja dengan segenap tentaranya, dengan segenap kekuatannya, habis-habisan untuk menjatuhkan setiap umat Allah.
B. Sebab itu kita melihat:

  1. Kesucian meningkat sampai sempurna
  2. Dosa bertambah-tambah luar biasa, hampir sempurna
  3. Orang Kristen yang suam, yang tidak mau bertobat habis-habisan akan hanyut dalam dosa, sehingga terjadi banyak kejatuhan yang ngeri-ngeri! Orang-orang yang tidak bertobat (=kerbat kulit lama) akan pecah pada waktu datang air anggur baru (hujan akhir Luk 5:37)

C. Gereja Tuhan akan “terpecah”, sebagian terdiri dari orang-orang yang sungguh-sungguh mengikut Tuhan dengan segala resikonya, dan sebagian lagi terdiri dari orang-orang yang hanya main-main. Inilah permulaan pemisahan yang tegas, terang-terangan antara Surga dan Neraka di atas bumi.
D. Orang-orang berdosa yang murtad tidak keluar dari Gereja, tetapi justru membuat Jemaat yang cocok dengan keinginan daging, mengizinkan dosa, yaitu jemaat iblis yang kelak akan menjadi perempuan Sundal Babil yang besar.

Sebab itu akan ada 2 macam Gereja, yaitu:
–          Gereja yang memelihara kesucian dan penuh dengan kemuliaan dan kuasa Allah, dan
–          Gereja yang mengizinkan dosa dan limpah dengan kebencian, perzinahan, kesombongan, dan dosa-dosa lainnya, mula-mula tersembunyi, makin lama makin terang-terangan.
E. Orang-orang suci tidak perlu kuatir sama sekali. Sebab fasilitas Allah limpah, penuh dengan kuasa, kesukaan dan kemuliaan, sehingga kita malah tumbuh (dengan mengalami kemenangan yang heran-heran) sampai kepada kesempurnaan.
Tetapi mulai sekarang kita sudah harus di atas batas minimum akhir zaman, penuh dengan Roh Kudus dan dipimpin olehNya dalam kesucian untuk melakukan kehendak Tuhan saja, maka kita tidak akan sampai gugur, tetapi menjadi mulia atau sempurna
F. Bersedialah mulai sekarang. Jangan hidup dalam dosa atau menyimpan/ membiarkan keinginan dosa sekalipun sedikit, sebab itu adalah permulaan kejatuhan dalam dosa yang menjerat erat; orang-orang seperti ini tidak akan suka lagi air anggur yang baru dan binasalah orang itu untuk kekal (Luk 5:39)
Ambil keputusan yang pasti, jangan plin plan, jangan ragu-ragu, jangan masa bodoh, sebab semua orang-orang sepeerti ini akan terseret  ke dalam aliran maut yang “manis” tetapi segera berakhir ke Neraka yang kekal.
Akhir Zaman ini sudah dekat, setiap hari makin dekat, harinya pasti akan datang, mereka yang tidak bersedia akan binasa!
(Masih ingat berjaga-jaga dalam pelajaran TE 21?
Coba buatlah kesimpulannya, lalu mulailah hidup berjaga-jaga, sebab sewaktu-waktu TY akan datang dengan tidak terduga!)