Bilakah Tuhan Yesus Datang Kembali?


Kita akan melihat kebenaran Firman Tuhan di dalam Alkitab untuk menjawab pertanyaan ini.
Mula-mula kita akan melihat secara umum apakah mungkin seorang dapat menentukan atau mengetahui tanggal kedatangan Tuhan?
Kemudian kita akan melihat apakah mungkin Tuhan Yesus datang tahun ini, seperti yang banyak digembar-gemborkan orang?

A.DAPATKAH KITA MENGETAHUI TANGGAL

KEDATANGANNYA?

I. DARI SEJARAH.


Kita mencatat ada banyak tokoh-tokoh agama Kristen yang dengan cara-  cara yang mencolok sekali meramalkan suatu tanggal kedatangan Tuhan.  Mula-mula banyak yang percaya bahkan ada yang menjual semua harta  bendanya, lalu dengan berpakaian jubah putih menunggu di atas gunung.
Ternyata … keliru!
Tentu banyak yang kecewa dan berbalik. Lalu tanggal itu direvisi lagi, direvisi lagi berulang-ulang, tetapi toh Tuhan tidak kunjung datang sampai hari ini.
Ada yang meramalkan Oktober 1883. Lalu direvisi 1884. Yang lain meramalkan th 1914, direvisi lagi berulang-ulang th 1918,1925,1941,1975, 1988 dsb, tetapi tidak pernah tepat. Namun masih saja manusia tidak jera. Beberapa orang meramalkan bahwa Oktober 1992 ini Tuhan Yesus bakal datang. Inipun pasti meleset. Kita akan melihat bukti-bukti serta penjelasan di bawah ini.
Jadi dari pengalaman/ sejarah kita melihat bahwa manusia tidak berhasil mengetahui tanggal dan hari kedatangan Tuhan.

II. APA YANG DIKATAKAN FIRMAN TUHAN?

Firman Tuhan menceritakan tentang tanda-tanda kedatanganNya dan tanggal kedatangannya.

II.A. TANDA-TANDA KEDATANGANNYA

Tanda-tanda kedatangan Tuhan yaitu tanda-tanda zaman, harus kita kenali, sebab Alkitab memberi banyak bahkan sangat limpah tanda-tanda zaman atau tanda-tanda kedatanganNya ini.
Matius 16:3 dan pada pagi hari karena langit merah dan redup, kamu berkata: Hari buruk. Rupa langit kamu tahu membedakannya tetapi tanda-tanda zaman tidak.
Atas permintaan murid-murid, Tuhan juga memberi banyak tanda-tanda kedatanganNya dalam Mat 24 dan bahkan dalam seluruh Alkitab sejak Perjanjian Lama ada banyak tanda-tanda ini. Minggu ke 70 dalam nubuatan Daniel,  yaitu 7 tahun terakhir sebelum kedatangan Tuhan kedua bagi dunia, adalah betul-betul akhir zaman yang sangat dahsyat. Kita harus mengenali tanda-tanda dari minggu ke 70  Daniel ini sebab ini merupakan tanda-tanda kedatanganNya yang paling menonjol. Kalau kita sudah tahu bahwa kita berada dalam minggu ke 70 Daniel, maka kedatangan Tuhan betul-betul sudah dekat dan dapat diketahui
Berdasar tanda-tanda dan peristiwa yang ada di dalam Minggu ke 70 Daniel, kita dapat mengetahui apakah kita sudah dekat ataukah kita sudah masuk Minggu ke 70 Daniel. Makin jauh kita masuk dalam Minggu ke 70 Daniel, tanda-tandanya akan semakin jelas.

II.B. TANGGAL KEDATANGANNYA

Kita ingin mendapat jawaban yang tegas: bisa mengetahui atau tidak!
Tetapi kalau kita selidiki Firman Tuhan baik-baik, kita tidak dapat memperoleh jawaban seperti itu. Sebab ada ayat-ayat yang seolah-olah mengatakan: bisa, tetapi ada juga ayat-ayat yang mengatakan tidak! Sebab itu untuk mengerti kehendak Allah, kita mengikuti saja ayat-ayat tersebut supaya jangan kita membuat kesimpulan sendiri yang bertentangan dengan kehendak Allah, sebab itu akan sia-sia dan menyesatkan.

II.B.a. TIDAK BISA MENGETAHUI

Matius 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.”


Dengan jelas dikatakan dalam ayat ini bahwa tanggal kedatangan Tuhan Yesus itu rahasia Bapa. Anakpun tidak mengetahui, apalagi kita!

II.B.b. KITA BISA MENGETAHUI

1. Anak itu akan mengetahui.
1a. Tuhan Yesus sebagai Allah.
Matius 24:36 diucapkan oleh Tuhan Yesus sebagai manusia. Pada waktu Ia kembali sebagai Allah (Ys 9:6), sesudah kebangkitanNya, mungkin Ia juga mengetahui saatnya itu.
1b. Buku termeterai di tangan Anak.
Buku yang mengandung rahasia-rahasia yang ada di tangan Bapa (yang hanya diketahui oleh Bapa) itu pada saatnya (yaitu di dalam Minggu ke 70 Daniel) akan dibuka oleh Anak Domba. Dan hanya Anak Domba yang dapat membaca buku itu serta membuka meterainya. Tidak ada seorang lainpun, mahluk apapun yang dapat membuka dan membaca buku itu.
Wahyu 5:3 Tetapi tidak ada seorangpun yang di sorga atau yang di bumi atau yang di bawah bumi, yang dapat membuka gulungan kitab itu atau yang dapat melihat sebelah dalamnya.
Wahyu 5:7 Lalu datanglah Anak Domba itu dan menerima gulungan kitab itu dari tangan Dia yang duduk di atas takhta itu.
Rahasia tanggal kedatangan Tuhan Yesus yang hanya diketahui oleh Bapa, mungkin juga ada di sini. Kalau betul, maka pada waktu meterainya dibuka, rahasia itu akan juga terbuka untuk Tuhan Yesus dan kemudian bagi tubuhNya juga. Ini baru terjadi di dalam Minggu ke 70 Daniel.
(Sebab meterai itu terbuka dalam Minggu 70 Daniel, yaitu 7 tahun terakhir sebelum Kerajaan 1000 tahun).
2. Gereja juga akan mengetahui.
Kalau saja Anak itu tahu, maka berita itu akan juga sampai pada kita. Sebab:
2a. Kita sahabat-sahabatnya, ikut mengetahui
Yohanes 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari BapaKu.
2b. Hari kedatangan Tuhan bagi Gereja itu tidak gelap, bukan seperti pencuri.
1 Tesalonika 5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.

1 Tesalonika 5:3 Apa bila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman, maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin, mereka pasti tidak akan luput.

1 Tesalonika 5:4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri,
Ini berarti orang-orang suci tidak akan mengalami hari itu sebagai kedatangan pencuri. Orang-orang suci akan tahu kedatanganNya.
2c. Gereja adalah tubuh Kristus atau pengantin Anak Domba.
Efesus 5:31-32 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
Kalau kepala dan tubuh menjadi satu, maka apa yang diketahui kepala juga akan sampai pada tubuh. Lebih-lebih kalau tubuh itu ialah orang sempurna yang menjadi golongan pengantin Anak Domba. Orang-orang sempurna akan ikut duduk di tahta Bapa (Wah 3:21) maka rahasia-rahasia dari Sang Anak Domba akan juga sampai pada pengantinNya.
Dalam Minggu ke 70 Daniel akan timbul banyak orang-orang sempurna (Wah 12:4) dan pelayanan orang sempurna yang luar biasa itu. Pada saat ini, rahasia kedatanganNya itu juga akan sampai pada Gereja Tuhan dengan jelas.
Kalau kita sudah masuk dalam Minggu ke 70 Daniel, kalau meterai buku rahasia Bapa itu sudah dibuka, baru kita tahu dengan lebih tepat tanggalnya. Ini berarti hanya kurang beberapa bulan dari saatnya baru kita mulai mengetahui dan itu tidak mungkin melebihi 3,5 th. Sebab itu kita harus berjaga-jaga selalu, sehingga kalau zaman kita sudah masuk dalam Minggu 70, kita dapat mengenalinya, lalu tanggal hari kedatangan itu makin lama akan menjadi makin jelas bagi kita.
KESIMPULAN:
1. SEKARANG.
Tanggal kedatangan yang tepat, tanggal sekian,  kita tidak tahu.
Tanda-tanda kedatangan Tuhan kita tahu sehingga kita dapat berkata waktunya sudah dekat, sudah hampir.
Jadi tanggalnya kita tidak tahu, tetapi masanya (dari tanda-tanda zaman) dapat kita kenali.
2. DALAM MINGGU KE 70 DANIEL.
Dalam masa ini kita akan mengetahui tanggal kedatanganNya, makin lama makin tepat.

B. MENGAPA ALLAH MERAHASIAKAN HARI

KEDATANGANNYA ITU?

Matius 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.
1. Supaya kita tidak lalai, tetapi terus berjaga-jaga. Misalnya kalau seorang hidup 100 th sebelum hari kedatangan Tuhan, itu berarti selama hidupnya tidak mungkin Tuhan datang. Kalau ia tahu, mungkin sekali sikapnya jadi sembarangan, tidak mau berjaga-jaga secara rohani! Ini tidak dikehendaki Tuhan, sebab justru sikap hidup berjaga-jaga itu besar faedahnya, menumbuhkan rohani kita dengan pesat dan menjadi faedah bagi masing-masing kita sendiri.
Bandingkan murid-murid yang tahu tanggal ujian yang masih jauh, seringkali tidak tekun belajar. Tetapi kalau ujian itu dapat diberikan sewaktu-waktu, maka murid-murid akan lebih tekun belajar.
2. Kematian itu praktis mempunyai arti yang serupa dengan hari kedatangan Tuhan. Mengapa? Sebab pada saat kematian sampai Tuhan Yesus datang, itu seperti “tidur”, tidak terjadi perubahan-perubahan bagi orang yang sudah mati ini, baik perubahan yang baik/ positip maupun perubahan-perubahan yang jelek/ negatip. Sebab itu orang-orang beriman dari segala saat perlu berjaga-jaga, karena hari kematian (yang mirip dengan hari kedatangan Tuhan) itu dapat tiba sewaktu-waktu.
Amos 4:12 Sebab itu demikianlah akan Kulakukan kepadamu,hai Israel. Oleh karena Aku akan melakukan yang demikian kepadamu, maka bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel.

C. TANDA-TANDA KEDATANGAN TUHAN

(TANDA-ZAMAN: MINGGU KE 70 DANIEL)


Hampir semua tanda-tanda kedatangan Tuhan itu terpusat pada Minggu ke 70 Daniel atau sebentar sebelumnya. Kita perlu mengenali tanda-tanda ini baik-baik, sebab ini adalah kehendak Tuhan.
Matius 16:3. Dan pada pagi hari, karena langit merah dan redup, kamu berkata: hari buruk. Rupa langit kamu tahu membeda- kannya, tetapi tanda-tanda zaman tidak.
Kalau kita mengenali tanda-tanda ini maka kita akan tahu kalau waktunya sudah dekat, sudah masuk atau belum dalam Minggu ke 70 Daniel ini.
Kita akan melihat tanda-tanda itu dalam urut-urutan sebagai berikut:
C.I. Secara umum.
C.II. Tanda-tanda di dalam Gereja.
C.III. Tanda-tanda di luar Gereja.

C. I. TANDA-TANDA SECARA UMUM


C. I. 1. INTERNASIONAL.
Pengertian ini perlu sekali, sebab hampir semua tanda-tanda kedatangan Tuhan (Misalnya: perang, ajaran sesat, pembunuhan, kelaparan, bencana alam dll) semua sudah pernah terjadi. Lalu apa bedanya tanda-tanda ini dengan tanda-tanda kedatangan Tuhan? Peristiwa- peristiwa ini menjadi tanda-tanda kedatangan Tuhan kalau terjadi di seluruh dunia bersamaan, bukan untuk 1 daerah saja, baru itu merupakan tanda kedatangan Tuhan.
Mark 13:8
…gempa bumi di berbagai tempat
Mark 13:10
kepada semua bangsa….
Mat 24:14
di seluruh dunia….
…bagi semua bangsa….
…sesudah itu barulah tiba kesudahannya.
Jadi kalau hanya lokal, itu bukan tanda kedatangan Tuhan.
Dalam zaman sekarang mulai timbul istilah: “globalisasi”, artinya mencapai dan menyangkut seluruh dunia. Ini memang jalur- jalur akhir zaman yang mempersiapkan hari kedatangan Tuhan.
C.I.2. BERSAMAAN.
Ini juga penting, sebab semua tanda-tanda kedatangan Tuhan itu terpusatkan dalam 1 masa genting ini yaitu 3,5 tahun I dari Minggu ke 70 Daniel. Bukan berserakan sepanjang segala masa, tetapi  terpusatkan disini!. Kalau ini sudah terjadi, kita tahu bahwa waktunya sudah hampir habis!
Misalnya : Peperangan, malapetaka, dan sebagainya akan sangat hebat, sebab terjadi di seluruh dunia bersamaan.
C.I.3. TIBA-TIBA MENGHEBAT.
Semua gejala-gejala ini akan tiba-tiba meningkat dengan hebat,  sehingga betul-betul mengejutkan, seolah-olah kejutan di tengah malam, sehingga semua Gereja- gereja akan bangun. Tetapi sayang, yang tidak mempunyai minyak Roh Kudus, tidak akan sempat bersedia untuk menyongsong kedatanganNya, sehingga tertinggal.
Matius 25:6 Sekonyong-konyong pada tengah malam kedengaranlah seruan: Tengok, pengantin itu datang! Keluarlah kamu mengelu-elukan (TB: menyongsong) dia.
Juga di dalam Gereja ada peningkatan- peningkatan yang hebat dan cepat. Gejala- gejala ini cukup dahsyat, sehingga Gereja menjadi suatu ajaib yang besar (Wah 12:1 KJ).
Tetapi mereka yang sudah menghisap kemanisan dosa yang najis ini, sudah terikat, sudah mabuk akan sulit lepas Luk 5:39, 21:34.
Orang-orang zaman Nuh juga terkejut melihat pawai segala binatang jinak dan binatang buas yang rukun, damai satu sama lain, tetapi tidak seorangpun dari mereka yang selamat! Jangan sampai seperti ini. Bersedialah mulai sekarang.
C.II. TANDA-TANDA DI DALAM GEREJA

C.II.1. HUJAN AKHIR ROH KUDUS.

Ada 2 hujan lebat yang diceritakan Alkitab sebagai nubuatan tentang hujan Roh di akhir zaman ini, yaitu hujan awal dan hujan akhir.
Yesaya 32:15

Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah- buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.
Hujan awal sudah terjadi dalam zaman Rasul- rasul. Hujan akhir terjadi ketika sabat ke 70 Daniel akan mulai. Ini perlu untuk “mematangkan” Gereja, sehingga dapat di bawa masuk dalam “gudang” Allah.
Ulangan 11:14 Maka Ia akan memberikan hujan untuk tanah mu pada masanya, hujan awal dan hujan akhir, sehingga engkau dapat mengumpulkan gandummu, anggurmu dan minyakmu,
Di dalam hujan akhir ini kita akan melihat antara lain:
1.a. Pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa! Setiap orang yang sungguh- sungguh pasti penuh Roh Kudus. Pengurapan Roh Kudus dalam setiap orang rata-rata meningkat sangat limpah bahkan banyak yang sampai pada pengurapan tanpa batas seperti Zak 4:14.
Setiap orang beriman sudah mahir berjalan dalam Roh, mendengar suara Roh, penuh dengan karunia-karunia Roh dan buah Roh. Luar biasa!.
1.b. Doa, puji-pujian dan penyem- bahan yang betul, di dalam kesucian dan di dalam Roh meningkat di mana-mana di seluruh dunia, sesuai dengan kehendak Tuhan Wah 11:2.
1.c. Karunia, jabatan dan tanda- tanda ajaib itu sangat limpah, lebih daripada yang dibuat anak manusia di atas bumi dan di zaman Rasul-rasul Kis 2:17-19.
Gereja betul-betul menjadi ajaib, seolah-olah agen langsung dari Kerajaan Sorga!.
1.d. Terjadi bersamaan di seluruh dunia dalam segala denominasi. Tentu perlawanan juga banyak, tetapi orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh ini selalu berkemenangan di mana-mana saja.
C.II.2. PEMBUKAAN FIRMAN TUHAN YANG LIMPAH

Ini ditandai dengan:
2.a. Banyak pembukaan yang mutlak baru, yang dahulu-dahulu belum dikenal! Wah 5:5 Rahasia buku yang termeterai itu terbuka jelas pada masa ini dan diberitakan ke seluruh dunia Mat 10:26-27. Ini diperlukan untuk akhir zaman dan untuk masuk dalam tingkat kesempurnaan, harus di dahului pembukaan yang sempurna.
Banyak kejutan-kejutan baru dalam pembukaan ini, yang dapat dilihat jelas oleh orang yang penuh dengan Roh Kudus Yus 3:4.
2.b. Persatuan pengertian dalam firman Tuhan terjadi dengan indah di dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah! Ef 4:13. Suatu hal yang tidak mungin untuk masa kini.
2.c. Terjadi di seluruh dunia bersamaan di dalam tubuh Kristus sedunia yang betul! Betul- betul globalisasi rohani.
C.II.3. TUBUH KRISTUS SEDUNIA NYATA.

Begitu banyak roh-roh denominasi zaman sekarang akan dikalahkan dan lenyap dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah, yang juga limpah dengan kasih ilahi dan pembukaan Firman Tuhan yang jelas dan lengkap. Tubuh Kristus sedunia betul-betul muncul menjadi kenyataan.
Perlu diperhatikan bahwa:
3.a. Besekutu di dalam Roh dan kebenaran
Ini bukan hasil pekerjaan organisasi manusia, sebab pekerjaan manusia tidak dapat mencegah segala perpecahan dan perebutan keku- asaan. Ini adalah persekutuan di dalam Roh, di antara orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh semata-mata. Mereka tidak lagi berjalan menurut akal, tradisi, denominasi atau kebiasaan melainkan dipimpin oleh Roh.
3.b. Kerja sama ini diatur oleh Roh
Bukan lagi computerized, tetapi “di dalam Roh” yaitu diatur dan dikendalikan sepenuhnya oleh Roh dan itu lebih indah, lebih hebat, lebih mulia, penuh dengan hikmat, marifat, mujijat-mujijat dan kuasa Allah yang luar biasa! Pertemuan- pertemuan tidak lagi disiapkan oleh surat- surat dan panitia, tetapi langsung dipimpin oleh Roh dengan banyak mujijat dan tanda-tanda ajaib!
3.c. Kasih Kristus mengikat semua orang-orang suci dalam tubuh Kristus sedunia dalam terang Firman Tuhan. Sementara itu dalam dunia, kebencian merajalela bahkan juga masuk di dalam Gereja, terutama yang palsu.
Matius 24:15 Sebab itu apabila kamu melihat kebencian yang mendatangkan kebinasaan itu terdiri di tempat kudus, seperti yang disabdakan oleh Nabi Daniel (siapa yang membaca, camkanlah hal itu).
Kasih dan kebencian ini menjadi tanda khas dari dua golongan pada akhir zaman ini. Mereka yang tidak penuh Roh Kudus tidak bisa tahan dan akan penuh dengan  kebencian. Tetapi orang-orang yang penuh dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus akan limpah dengan kasih Kristus yang heran.

3.d.  Mencakup seluruh dunia.
Dalam dunia terjadi globalisasi, istimewa di dalam dosa dan pekerjaan setan. Tetapi tubuh Kristus sedunia bertumbuh makin ajaib, makin mulia dan sempurna dalam kesucian dan kasih.
C.II.4. PELAYANAN ORANG SEMPURNA

4.a. Timbulnya banyak orang sempurna di seluruh dunia adalah tanda khas dari Minggu ke 70 Daniel.  Anak laki-laki dalam Wah 12:5 adalah bayangan orang sempurna sebab ia langsung duduk di tahta Allah dalam kesempurnaan (“bayi” menceritakan bahwa umur kesempurnaannya masih baru).
4.b. Keadaan dan pelayanan orang sempurna. Ini seperti keadaan dan pelayanan Tuhan Yesus sesudah kebangkitan. Misalnya tidak perlu makan, bergerak tembus tembok dan tidak dibatasi jarak, pengurapan tanpa batas dst.
(Pada kesempatan lain akan diterangkan secara lengkap tentang kesempurnaan).
4.c. Khusus intern Gereja
Pelayanan Tuhan Yesus sesudah kebangkitan itu khusus hanya untuk murid-murid saja Kis 10: 40-41; begitu pula pelayanan orang sempurna khusus untuk intern Gereja saja, tidak keluar!
4.d. Pelayanan langsung dari tahta Allah.
Pelayanan ini luar biasa, limpah dengan rahasia-rahasia tersembunyi yang terdalam, limpah dengan mujijat dan kuasa yang besar, pelayanan yang langsung dari tahta Allah Kis 1:3 Yoh 1:51. Ini terjadi di seluruh dunia, bersamaan.
4.e. Hasil dari pelayanan orang sempurna ialah timbulnya banyak orang-orang sempurna lainnya.
*Semua tanda-tanda ini membuat Gereja menjadi suatu ajaib di langit, artinya dalam dunia dan dunia roh, penuh dengan kuasa dan kemenangan. Adanya Gereja seperti dalam Wah 12:1 adalah tanda khas dari Minggu ke 70 Daniel. Betul- betul luar biasa. Tentu Gereja-gereja yang “didalam dunia” lain, itu nanti akan menjadi kaki tangan iblis dan Antikris.
C.II.5. BAPTISAN API.
Tuhan Yesus melakukan 2 baptisan.
Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasutNya. Ia akan membap tiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
5.a. Ujian akhir.
Baptisan api ini adalah ujian terakhir untuk mencapai kesempurnaan. Baptisan Api bagi Tuhan Yesus sendiri adalah Golgota. Ujian akhir ini aniaya karena kebenaran sampai mati.
Lukas 12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hatiKu, sebelum hal itu berlangsung! (Tuhan Yesus sudah dibaptis di dalam air dan Roh. Lalu kurang baptisan yang mana lagi? Kurang baptisan api!)
5.b. Secara masal
Baptisan api itu berlaku secara pribadi untuk masing-masing orang suci. Tetapi pada akhir zaman ini akan terjadi bersamaan (masal) untuk seluruh tubuh Kristus sedunia.
5.c. Sengsara dan aniaya.
Jadi Gereja akhir zaman yang akan masuk dalam kesempurnaan, akan mengalami baptisan api juga yaitu sengsara dan aniaya karena Kristus (tidak mati, Kristus yang mati supaya kita bisa langsung sempurna). Kalau api untuk baptisan api ini sudah menyala, Tuhan Yesus senang sekali, sebab itu berarti waktunya sudah hampir selesai.
Lukas 12:49 “Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan (TL: betapa sukanya Aku,kalau- kalau), api itu telah menyala!

Ini diceritakan dalam 1Petrus 4:17 dan Yeh 9:4-8 sebagai “hukuman” yang terjadi dalam rumah Allah, mendahului hukuman untuk orang dunia. (Ujian itu sakitnya seperti “hukuman”, ingat Ayub).
Dalam 2Tim 3:1 dinubuatkan timbulnya kesukaran- kesukaran yang hebat pada akhir zaman, ini salah satu segi dari baptisan api itu, yang justru membuat Gereja menjadi sempurna! (pada kesempatan yang lain akan diterangkan lebih lengkap dan jelas tentang baptisan api).
Masih ada tanda-tanda lainnya di dalam Gereja (Misalnya angka-angka yang digenapi, kemarahan Iblis terhadap Gereja sesudah diusir dari Sorga dan sebagainya). Kalau semua tanda-tanda ini sudah nampak, maka itu berarti sudah masuk Minggu ke 70 Daniel dan kedatangan Tuhan Yesus akan terjadi tidak lebih dari 3 1/2 tahun lagi, sudah sangat dekat.

C. III. TANDA-TANDA DI LUAR GEREJA


1. ISRAEL DISIAPKAN
Disiapkan untuk apa?
Untuk masuk dalam masa pencucian yang dahysat, yaitu masa kepicikan Yakub (Jacob’s trouble)
Yeremia 30:7
Aduh, bagaimana hebat hari itu, belum pernah ada sebagainya; bahwa inilah masa kepicikan bagi Yakub! (KJ: Jacob’s trouble) kendatilah begitu, iapun akan dilepaskan juga dari padanya.
Jumlah orang-orang Israel yang dianiaya sampai mati disini (dalam zaman antikris bersama-sama dengan orang Kristen yang tertinggal!) itu melebihi segala zaman, sangat menakutkan, tetapi mereka akan terlepas; ini sudah dinubuatkan! Baru sesudah itu, di dalam Kerajaan 1000 tahun Israel mencapai kemuliaan di bumi yang maksimal, luar biasa!
Di dalam 3,5 tahun pertama dari Minggu ke 70 Daniel, Israel akan mengalami:
1. a. Masa jaya. Musuh-musuhnya takut dan berusaha mencari perundingan damai dengannya (ini secara lahiriah). Seperti yang tersebut di dalam Dan 9:27. Ini berakhir pada waktu antikris menjadi raja dunia. Dalam masa-masa ini, menjelang Minggu ke 70 Daniel perkembangan Israel mengarah ke sini. Dalam hari-hari ini nampaknya sudah ada kecenderungan ke sini, itu berarti kedatanganNya sudah dekat, berjagalah!.
1.b. Perlengkapan Ibadat (Perjan jian Lama) dipersiapkan. Ini membutuhkan kaabah, tabut, imamat dan sebagainya. Hari-hari ini nampak jelas bahwa Israel terus berusaha ke arah ini .
1.c. Orang-orang Israel kembali ke tanah airnya. Ini sesuai dengan nubuatan dalam Yes 11:11- 12, Yer 16:15, 23:3 dan lain lain. Mereka di kumpulkan di negerinya untuk disucikan dalam masa yang ngeri itu, lalu masuk dalam Kerajaan Daud yang keberkatan itu. Tahun 1948 Israel sudah merdeka dalam negerinya, suatu peristiwa yang mustahil, tetapi toh itu sudah terjadi. Nubuatan-nubuatan ini sekarang sedang terjadi di depan mata kita! Ini semua termasuk penggenapan nubuatan-nubuatan di dalam Alkitab.
C.III.2. TANDA 4 METERAI

4 Meterai ini dibuka dan terjadi didalam 3,5 tahun pertama dari Minggu ke 70 Daniel. Ini menjadi hukuman bagi dunia, sekaligus menjadi ujian bagi Gereja. Secara ringkas meterai-meterai ini diterangkan dalam skema dibawah ini dengan arti-artinya menurut ke 3 Injil yang dikatakan Tuhan Yesus sendiri.
Jangan lupa, semua meterai- meterai ini
-terjadi diseluruh dunia.
-pada masa yang bersamaan dan
-timbulnya mendadak dengan hebatnya. Ini bukan hanya peristiwa lokal, tetapi internasional, global!.
Sedikit keterangan tentang meterai-meterai ini.

METERAI-METERAI  I-VII

Tafsiran Wahyu 6 berdasar Injil-injil

1.Kuda putih dengan penunggangnya yang membawa busur    tanpa panah tetapi terus berkemenangan. Ini menceritakan    tentang ajaran sesat yang tiba-tiba meningkat luar biasa (juga    timbul macam-macam yang baru) dan menguasai seluruh dunia.    Sekalipun ia bersenjata tanpa peluru, busur tanpa panah (ini    seperti orang yang tidak punya kuasa apa-apa tetapi mulutnya    besar), tetapi ia mencapai kemenangan- kemenangan yang luar biasa. Biasanya ajaran-ajaran sesat selalu dibumbui dengan banyak perkara-perkara percabulan dan keduniawian yaitu anggur Sodom yang memabukkan dan meracuni Ul 32:32- 33 yang juga akan dipakai oleh sundal Babil besar (Wah 17).


2. Kuda merah dengan pedang yang besar untuk membunuh.  Ini menceritakan peperangan dengan kebencian yang luar  biasa, terang-terangan dan memakai alat-alat pembunuhan  yang dahsyat dan besar. Kebencian ini tanda khas dari pekerjaan  iblis, lawan dari kasih, tanda khas pekerjaan Roh Kudus. Kalau  seorang betul-betul dipimpin Roh Kudus, pasti hidupnya ada  kasih. Kalau dikuasai kebencian, sekalipun berdiri di atas  mimbar yang suci, dengan gelar-gelar yang suci, itu tanda khas bahwa pekerjaan setan ada di dalamnya!
3. Kuda hitam dengan neraca. Ini menceritakan tentang zaman  yang materiaslistis yang luar bisa. Orang-orang dipenuhi dengan roh  mammon yaitu ingin akan uang sehingga menjadi nekad  mengumpulkan uang dengan segala cara. Bersama-sama dengan  masa yang sulit dan globalisasi dosa, menghasilkan masa kegelapan  yang dahsyat. Juga roh mammon masuk dalam Gereja sehingga  timbul komersialisme yang hebat dalam Gereja sampai Firman  Tuhan juga diperdagangkan 2Kor 1:17. Tetapi orang-orang yang penuh dengan pengurapan Roh Kudus dan kesukaan Roh (minyak dan anggur) tetap tinggal dalam kemurnian Firman Tuhan dalam Gereja-Gereja yang suci. Roh mammon dan ingin akan uang itu menyiapkan meterai Antikris dan timbulnya “Yudas” sebagai antikris.

4. Kuda kelabu yang ditunggangi oleh maut. Kelabu menceritakan  tentang keadaan yang camnpur baur antara putih dan hitam, pucat,  yaitu berbaurnya atau hilangnya batas-batas antara suci dan dosa,  haram dan halal sehingga dosa meningkat luar biasa. Kalau dosa  meningkat maka pembunuhan juga meningkat, sebab penghulu dosa  itu “jagal manusia” dari mulanya Yoh 8:44.
Juga kelaparan, abortus, mati bahagia (euthanasia), bunuh diri, macam-macam pembunuhan, juga penyakit-penyakit baru dari binatang-binatang kecil (kuman, virus) semua meningkat sebagai hukuman atas dosa, semuanya menyebabkan 1/4 manusia binasa.
*Semua hukuman meterai ini berlaku sepanjang 3 1/2 tahun I dari Minggu ke 70 Daniel dengan korban-korban yang limpah! Gereja juga mengalami akibatnya, yaitu menjadi ujian penyaringan dalam masa-masa ini; tetapi yang penuh Roh akan lulus dan bahkan meningkat kepada kesempurnaan.
C.III.3. TANDA-TANDA 4 SANGKAKALA.

Ke 4 sangkakala ini erat hubungannya dengan meterai, tetapi  merupakan suatu hukuman yang tersendiri. Penjelasannya lebih sulit,  membutuhkan tempat yang lebih banyak, sebab itu akan dijelaskan  tersendiri (lihat buku Wah 8).
Secara garis besarnya dapat dijelaskan hubungan antara meterai-  meterai dan sangkakala itu sbb:
Ini juga terjadi di seluruh dunia, bersamaan dan dengan intensitas yang  tiba-tiba meningkat luar biasa.
Semua ini menambah parahnya masa kesukaran dalam Minggu ke 70 Daniel (lebih-lebih di dalam zaman Antikris). Memang Tuhan izinkan hal ini menjadi baptisan api bagi Gereja dan hukuman bagi dunia, lebih-lebih pada waktu diteruskan dalam zaman Antikris.
KESIMPULAN:
Demikianlah tanda-tanda keda- tangan Tuhan di dalam dan di luar Gereja yang tiba-tiba terjadi dengan dahsyat dalam Minggu ke 70 Daniel. Kehidupan masih bejalan biasa, bahkan secara luar di beberapa tempat, nampaknya seolah-olah justru makin makmur dan maju, tetapi kerusakan karena dosa yang meningkat maksimum itu merusak- kan semuanya. Kalau kita mengenal tanda-tanda ini, kita akan dapat mengerti “berapa jauh malam” zaman kita sekarang ini (Yes 21:11). Sudah atau belum masuk Minggu ke 70 Daniel. Perhatikanlah tanda-tanda zaman ini dan bersedialah!

D. TUHAN TIDAK MUNGKIN DATANG TH 1992

Mengapa?

Tanda-tanda mulainya Minggu ke 70 Daniel belum jelas. Kalau tanda-tanda Minggu 70 Daniel sudah jelas (seperti yang diterangkan di atas) maka masih dibutuhkan waktu + 3,5 th lagi.
Tanda-tanda zaman sekarang belum jelas menunjukkan bahwa Minggu ke 70 Daniel sudah mulai. Misalnya hujan akhir belum seperti hujan awal, apalagi melebihi, masih belum. Tubuh Kristus sedunia masih sedang di dalam proses, belum nyata. Meterai-meterai dan sangkakala belum terbuka dll. Kejahatan dan tanda-tanda dalam dunia sudah mulai nampak mendahului.
Kesimpulan kita bahwa masa sekarang ini belum masuk Minggu 70 Daniel. Ini bukan berarti bahwa kedatangan Tuhan masih lama dan kita boleh hidup sembarangan, lebih-lebih di dalam dosa, tidak!
Ingat:
1. Saat kematian kita masing-masing itu rahasia dan itu mempunyai arti yang lebih kurang sama dengan hari kedatangan Tuhan.
2. Tanda-tanda zaman sudah menun- jukkan bahwa waktunya tidak lama lagi. Zaman ini rupanya sudah matang untuk tiba-tiba masuk dalam Minggu 70 Daniel. Kalau sudah mulai, itu berarti tinggal 3,5 th lagi!!

Jadi dengan pasti kita dapat mengatakan bahwa tidak mungkin Tuhan Yesus datang th 1992, tetapi sewaktu-waktu Minggu ke 70 Daniel dapat mulai!.

E. SIKAP DALAM MENUNGGU KEDATANGAN TUHAN

I. DALAM PERKARA- PERKARA  ROHANI

Orang yang spekulasi bahwa Tuhan masih lama datang, lalu mulai menikmati kesukaan dosa yang berdosa, itu berarti:
1. Ia memang masih menyimpan keinginan dosa dan keinginan itu makin kuat dan hidup ketika mendapat kesempatan. (Kesempatan “waktu”, sebab mengira atau yakin bahwa Tuhan Yesus masih belum datang!). Orang-orang yang ingin perkara-perkara dosa ini memang akan jatuh dan binasa, kecuali bertobat.
Bilangan 11:34 Maka dinamainya tempat itu Kiberot Taawah, karena di sanalah ditanamkan- nyalah segala orang yang telah kedatangan ingin (TL).
Orang-orang ini, yang minum anggur dunia akan mabuk, terikat, terjerat dan binasa selama- lamanya dalam Neraka (Luk 5:39/ 21:34/ Alk 12:1), kecuali sekarang sungguh- sungguh bertobat dan mau mati dari segala keinginan duniawi itu Luk 9:23/ Roma 8:36 Gal 2:19-20/ Mat 10:39).
2. Hamba-hamba yang jahat
Orang seperti ini diceritakan dalam ayat-ayat berikut ini:
Matius 24:48-51 Tetapi jikalau hamba yang jahat itu berpikir di dalam hatinya: Tuanku lambat lagi datang lalu dimulainya memukul teman-temannya serta makan minum dengan orang pemabuk, maka tuan hamba itu akan tiba pada suatu hari yang tiada disangka kannya, dan pada saat yang tiada diketahuinya, lalu menyesah dia teramat sangat, sambil menetapkan bahagiannya bersama-sama dengan orang munafik; maka di sanalah kelak tangisan dan kertak gigi (TL).
Ia akan mabuk dalam dosa dan berkelahi dengan orang-orang yang benar, sebab ia undur dari Tuhan dan binasa untuk selama-lamanya.
3. Berjaga-jagalah.
Tuhan menghendaki kita untuk sungguh-sungguh berjaga-jaga me- nunggu kedatangan Tuhan.
Matius 24:42

Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.
Ini bukan suatu keadaan rileks seperti menunggu kereta api di stasiun, tetapi bertekun supaya meningkat dalam rohani untuk siap menghadapi aniaya besar, mengha- dapi ujian akhir yang dahsyat!
(Hal ini secara rinci telah dijelaskan di dalam TE No 21 hal 6, sebab itu di sini hanya diterangkan dengan ringkas, dalam hubungannya dengan pokok ini).
II. DI DALAM PERKARA-PERKARA JASMANI

II.A. REAKSI KANAK-KANAK  ROHANI

Biasanya berita-berita yang sensasionil seperti kedatangan Tuhan tahun 1992 ini mudah mempengaruhi dan menjerat kanak-kanak rohani atau orang-orang Kristen biasa yang tidak mempunyai dasar pengertian yang kuat tentang peristiwa-peristiwa akhir zaman.
Kanak-kanak ini seringkali bereaksi drastis, ekstrim dan penuh ketakutan sebab bodoh. Kadang-kadang mereka membuang sekaligus semua sekolah dan pekerja- annya, menjual hartanya, membagi- membagikan dengan boros dalam pelayanan yang ngawur, lalu mendadak menjadi hamba-hamba Tuhan full time yang penuh gairah. Tentu juga dengan banyak kekurangan dan kesesatan sebab memang masih kanak-kanak rohani.
Sesudah ternyata Tuhan Yesus “tidak jadi datang”, mereka akan sangat kecewa & berbalik menjadi musuhnya Gereja. Mereka akan “tancap gas” dalam dosa, rusak dan gila dalam dunia, tahu-tahu Tuhan sungguh-sungguh datang dan mereka terkejut, tetapi terlambat, mereka masuk dalam zaman aniaya Antikris yang dahsyat. Orang-orang seperti ini tidak akan tahan & murtad! Meskipun demikian mereka toh akan tetap tersiksa dan akhirnya masuk Neraka kekal!

Sebab itu jangan terpengaruh oleh pelajaran-  pelajaran yang tidak mempunyai dasar alkitabiah  dan tidak mempunyai penafsiran yang betul.
Untuk mengenali hal ini tidak mudah. Sebab itu  mulai sekarang tumbuhlah terus, makin penuh  dengan pengurapan Roh Kudus dan bertambah-  tambah dalam kebenaran Firman Tuhan, termasuk  kebenaran akhir zaman.
Juga jangan terbawa-bawa oleh reaksi-reaksi  drastis, ekstrim dan bodoh dari kanak-kanak rohani ini.

II. B. APA KATA FIRMAN TUHAN?

Teruskan hidup sehari-hari yang biasa tetapi tetap dengan sikap dan cara hidup berjaga-jaga.
Dalam ayat-ayat berikut kita melihat sikap yang betul.
Lukas 17:34 Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggikan.


Lukas 17:35 Ada dua orang perempuan bersama-sama  mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain  akan ditinggalkan.”
Lukas 17:36 (Kalau ada dua orang di ladang, yang  seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)
Pada waktu Tuhan Yesus datang, orang-orang masih hidup  seperti biasanya, normal, tidak hidup secara khusus di atas  gunung berpakaian jubah putih berdoa puasa menunggu  kedatangan Tuhan.
Jangan menunggu Tuhan dengan cara-cara yang aneh, ekstrim dan bodoh seperti ini. Kehidupan sehari-hari hendaklah tetap berjalan seperti biasa. Yang kerjanya mencangkul, tetaplah mencangkul di ladang, Yang mengisar, tetaplah mengisar, yang sedang istirahat di waktu tidur, tetaplah demikain. Tetapi:
1. Hendaklah sikap dan cara hidup kita selalu berjaga-jaga seperti yang dikehendaki Tuhan, yaitu:
-hidup dalam kesucian, mahir pikul salib, makin menyerupai Tuhan Yesus.
-tekun, supaya rohani tumbuh:
-dalam pengertian Firman Tuhan yang dobel.
-dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah sampai tak terbatas.
-dalam pelayanan yang bergairah dan tulus.
-dalam ibadat yang suci.
-memelihara dan menumbuhkan persekutuan tubuh Kristus dalam kasih Kristus dan terang Firman Tuhan.
-Ikut serta mempercepat kedatangan Tuhan dengan terus berjalan dalam Roh mentaati kehendak dan rencana Allah.
Inilah sikap menunggu kedatangan Tuhan yang betul, bukan cara-cara yang kekanak-kanakan itu.
2. Kita tidak tahu tanggal berapa Tuhan datang dan itu memang kehendak Tuhan merahasiakan tanggal kedatanganNya, supaya kita betul-betul bersedia setiap hari seumur hidup kita sampai mati atau sampai Tuhan Yesus betul-betul datang kembali.
KESIMPULAN:
Bilakah Tuhan Yesus datang kembali?
-Tanggalnya kita tidak tahu, tetapi tanda-tanda kedatanganNya kita harus mengetahui, lebih-lebih kalau sudah masuk Minggu ke 70 Daniel.
-Karena sekarang belum jelas masuk dalam Minggu ke 70 Daniel, maka pasti tahun ini Tuhan Yesus tidak mungkin datang kembali.
-Tetapi tanda-tanda zaman menunjukkan bahwa masanya sudah matang untuk sewaktu- waktu masuk dalam Minggu ke 70 Daniel dan itu berarti waktunya sudah tidak lama lagi.
-Kalau Minggu ke 70 Daniel sudah tiba, kita akan melihat tanda-tanda dan tanggal kedatangannya makin nyata dan jelas.
-Jangan hidup sembarangan, tetapi bertobatlah sungguh-sungguh lalu bersedia menunggu kedatangan Tuhan dengan sikap dan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
-Tuhan Yesus pasti datang, tidak lama lagi, bersedialah!
Orang yang tidak mau bersedia, sekalipun melihat tanda-tanda yang begitu jelas sepeti zaman Nuh, tidak akan sempat lagi bersedia dan ia akan binasa atau masuk zaman Antikris yang dahsyat itu.
Berbahagialah orang yang percaya akan Firman Tuhan ini dan bersedia-sedia, ia akan mulia, heran untuk selama-lamanya dalam Sorga yang indah mulia.