ORANG MATI AKAN BANGKIT

I. AKAN TERJADI

Dalam dunia, hampir-hampir tidak ada orang bicara tentang orang mati bangkit, sebab kasus seperti ini tidak ada. Lain halnya dengan korupsi, keropos tulang, kanker dan lain-lain!
Sesudah upacara penguburan, orang pulang dengan susah, sebab kekasihnya yang mati hilang untuk selama-lamanya, karena mereka tidak mengerti bahwa mayat-mayat yang mati itu pada satu hari akan bangkit kembali. Untuk pikiran manusia ini tidak masuk akal, bagaimana tubuh yang sudah bosok, rusak, membusuk bisa bangkit, hidup kembali, itu 100% tidak logis. Tetapi ini akan terjadi.
Allah di dalam FirmanNya menyatakan hal ini!
1Kor 15:13 Tetapi jikalau tidak ada kebangkitan orang mati, niscaya Kristus pun tiada dibangkitkan. (TL)
Putra manusia Yesus *) sudah bangkit! Orang mati juga akan bangkit.
Kalau orang mati tidak akan dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan, sebab tidak ada gunanya. Tetapi justru Kristus itu menjadi model, contoh dari apa yang akan terjadi pada semua orang, yaitu orang mati akan bangkit
*) Putra manusia Yesus adalah Allah yang menjelma menjadi Putra manusia Yesus Kristus. Pada waktu menjelma, ada tanggal kelahiran dan tanggal kematianNya yaitu pada waktu Ia di salib untuk menebus dosa manusia. Sesudah itu Ia dibangkitkan, kemudian  naik ke Surga dan kembali dalam posisi sebagai Allah bersama-sama Allah Bapa.
Mungkinkah ini? Atau hanya cerita fantasi?
1Kor 15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami, dan sia-sialah juga kepercayaan (TL: Iman) kamu.
Kalau tidak ada kebangkitan orang mati maka ibadah dan iman kita ini sia-sia, tidak ada gunanya!
Kalau orang mati tidak dibangkitkan, kita tidak perlu pusing memikirkan hidup ini. Berbuat saja sesuka hati dengan cara yang pintar, atau hidup sembarangan saja,  toh sesudah mati semua selesai, habis!
Kalau kita beribadah dan berharap pada Tuhan hanya untuk hidup di dunia ini, kitalah yang paling rugi, sebab pengorbanan untuk beribadah kepada Tuhan Yesus itu habis-habisan.
1Kor 15:19 Jikalau di dalam kehidupan ini sahaja kita berharap kepada Kristus, maka kitalah yang terlebih malang daripada sekalian manusia. (TL)
Tetapi bukan karena ini, lalu diberitakan bahwa orang mati akan bangkit, bukan!
Memang ini adalah rencana dan perbuatan Allah bagi manusia, bahwa semua manusia yang mati akan dibangkitkan, mayat-mayat yang sudah rusak tinggal tulang belulangnya saja, itu akan bangkit kembali!
Contoh yang jelas adalah dari mayat Kristus, yang sudah hancur waktu di salib, rusak dalam kubur selama 3 hari, tetapi sesudah itu dibangkitkan Allah menjadi suatu tubuh kebangkitan yang sempurna, tubuh kemuliaan dan ini menjadi contoh bagi kita, kita juga akan dibangkitkan seperti ini pada waktunya!
Pil 3:21 yang akan mengubahkan rupa tubuh kita yang hina ini menjadi serupa dengan tubuh-Nya yang mulia itu, (KJV: glorious body = tubuh kemuliaan) menurut seperti kuat kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya. (TL)
Dengan jelas Tuhan berfirman dalam Alkitab bahwa semua orang mati, yang baik dan yang jahat, semua akan dibangkitkan pada waktunya!
Yoh 5:28,29 Janganlah kamu heran akan hal itu, karena datang ketikanya apabila sekalian orang yang di dalam kubur akan mendengar suara-Nya, lalu mereka itu akan keluar; yaitu segala orang yang sudah berbuat baik akan bangkit kepada hidup yang kekal, dan segala orang yang sudah berbuat jahat akan bangkit menerima hukuman. (TL) (Kis 24:15).
Sesudah bangkit dalam tubuh kebangkitan (sifat keadaannya sama sekali lain dari tubuh kita sekarang, tetap ada dan hidup), kita tidak bisa mati lagi.
1Kor 15:42 Demikianlah juga kebangkitan orang mati. Adalah ditaburkan dengan peri kebinasaan, dibangkitkan dengan peri tiada kebinasaan; (TL)
Dan hidup sesudah kematian ini adalah hidup yang sesungguhnya, kekal selama-lamanya.
Tempat tubuh kebangkitan ini tertentu yaitu di Surga atau Neraka. Hanya ada dua tempat dalam alam roh (alam berzakh) dan kalau sudah masuk ke tempat ini tidak bisa tukar tempat lagi.
Kalau di dunia terpisah, sekalipun oleh kematian, asal kumpul kembali di Surga untuk kekal dalam kesucian, kasih dan sukacita abadi, itu betul-betul persekutuan yang indah dan senang dan tidak akan terpisah lagi untuk selama-lamanya.Tetapi kalau terpisah di Surga dan Neraka, itu betul-betul terpisah dan hilang untuk kekal!
Jadi, ada kebangkitan!
Jangan kita ditipu iblis atau kaki tangannya yang meyakinkan tidak ada kebangkitan. Sebab orang yang yakin tidak ada kebangkitan, maka ia merasa bebas untuk hidup sembarangan tanpa takut, sebab sesudah mati semua habis! Orang seperti ini tidak takut berbuat macam-macam dosa, toh tidak ada akibat apa-apa, habis mati semua lenyap. Tetapi ini dusta dan tipu daya iblis untuk membuat manusia berani berbuat dosa sebanyak-banyaknya tanpa batas. Jangan disesatkan oleh pikiran bodoh semacam ini.
1Kor 15:33-34 Janganlah tersesat: Pergaulan yang jahat merusakkan kelakuan yang baik. Hendaklah kamu sadar dengan sepatutnya dan jangan berbuat dosa; karena ada beberapa orang yang tiada mengenal Allah. Aku mengatakan ini, supaya kamu berasa malu. (TL)

II. MENGAPA ADA KEBANGKITAN?

Ini memang sudah direncanakan Allah. Allah mengerjakannya di dalam Kristus.
1Kor 15:20-23 Tetapi sesungguhnya Kristus sudah dibangkitkan dari antara orang mati, menjadi buah sulung di antara segala orang yang sudah mati. Karena sedang maut itu diadakan oleh sebab seorang manusia (yaitu Adam), begitu juga kebangkitan dari antara orang mati itu diadakan oleh sebab seorang manusia (yaitu Yesus Kristus). Karena sama seperti di dalam Adam mati segala manusia, begitu juga di dalam Kristus sekaliannya akan dihidupkan (dibangkitkan). Tetapi masing-masing menurut peraturan gilirannya; adapun buah sulung itulah Kristus, kemudian segala umat Kristus pada masa kedatangannya kelak. (TL)
Karena dosa satu orang yaitu dosa Adam, ia dan turunannya semuanya mati.
Tetapi di dalam Kristus, semua orang yang menjadi turunan Kristus, Adam terakhir atau manusia jenis kedua (1Kor 15:45,47) akan mengalami kebangkitan khusus (kebangkitan pertama Wah 20:5) seperti Kristus yang menjadi buah sulung kebangkitan pertama.
Orang berdosa akan mati seperti Adam, satu kali juga akan bangkit, yaitu dalam kebangkitan kedua untuk semua orang berdosa, kemudian diadili dan masuk dalam Neraka menerima hukumannya sesuai dengan dosanya, inilah kematian kedua dari orang-orang yang ikut kebangkitan kedua Wah 20:13-14.
Memang kebangkitan siapa saja (orang benar dan orang berdosa) itu tidak mungkin bisa dimengerti dengan akal manusia, tetapi ini pasti terjadi, Firman Tuhan pasti digenapi Luk 1:37.
Orang-orang yang percaya pada Tuhan Yesus, yakin akan janji Tuhan ini sehingga taat sampai mati dan akan mengalami janji kebangkitan yang heran ini.
Orang Saduki yang sudah kena tipu daya iblis, tidak percaya akan kebang-kitan orang mati Kis 23:6,8; 24:15, meskipun Tuhan Yesus sudah menjelaskannya baik-baik kepada mereka Mrk 12:18-27. Mereka memilih tidak percaya itu cocok dengan hidupnya dalam dosa dan kedagingan, sebab kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka tidak perlu mempertanggungjawabkan segala perbuatannya yang kotor dan jahat, sebab sesudah mati semua habis seperti pikiran orang ateis dan orang-orang Saduki yang bodoh ini. Tetapi sesungguhnya kebangkitan itu ada!

III. DUA MACAM KEBANGKITAN

A. Kebangkitan sementara.

Misalnya Lazarus yang dibang-kitkan Tuhan Yesus dari kematian Yoh 11:44. Juga anak Yairus, perempuan Naim dll. Petrus juga membangkitkan Tabita, Paulus membangkitkan Eutikus, Elia membangkitkan anak janda Sarfat dan Elisa membangkitkan anak perem-puan Sunami, bahkan mayat Elisa membangkitkan orang mati yang akan dikubur, dll.
Ini semua adalah kebangkitan sementara, sebab mereka hidup kembali, tetap dengan tubuh fana yang sekarang ini, lalu pada satu saat mereka akan betul-betul mati lagi seperti semua orang lain pada umumnya. Jadi kebangkitan sementara ini hanya untuk kembali hidup dalam tubuh fana seperti yang sekarang ini dan akan mati lagi! (Tetapi ini sudah sangat ajaib, mujizat yang besar!).

B. Kebangkitan kekal.

Ini terjadi pada hari kebangkitan, kebangkitan pertama untuk orang  benar, kebangkitan kedua untuk orang berdosa.
Semua bangkit dalam tubuh kebangkitan (bukan seperti tubuh yang sekarang ini) dan tubuh kebangkitan ini tidak bisa mati lagi, terus hidup untuk kekal selama-lamanya.
Orang benar yang bangkit kembali pergi ke Surga, dan orang berdosa yang bangkit, kembali ke Neraka.

IV. BERBEDAAN KEBANGKITAN PERTAMA DAN KEDUA.

A. Namanya berbeda (Wah 20:4-6).

I. Orang benar bangkit dalam kebangkitan pertama.
II. Orang dosa bangkit dalam kebangkitan kedua.

B. Nasibnya berbeda.

Matinya sama tetapi bangkitnya lain.
I. Orang benar bangkit dan masuk ke Surga.
II. Orang berdosa bangkit dan dibuang ke dalam tasik api (lake of fire).

C. Waktunya berbeda, yaitu berbeda 1000 tahun.

I. Orang benar bangkit pada saat pengangkatan dengan cara bertahap 1Kor 15:23.
II.Orang berdosa bangkit sesudah kerajaan 1000 tahun, yaitu sesudah perang Gog dan Magog, pada hari kiamat. Mereka semua menghadap pengadilan Tahta Putih yang Besar, lalu dilemparkan ke dalam Tasik api, mengalami “kematian II” yaitu masuk dalam siksaan yang kekal.

V. BAGAIMANA PROSES KEBANGKITAN ITU TERJADI.


Manusia itu roh adanya, dan roh itu kekal,  tidak bisa mati. Roh ini tinggal di dalam tubuh  manusiawi yang disebut “orang luar”.  Roh kita  itulah pribadi kita, yang ada di dalam tubuh  manusiawi (= orang luar)ini juga disebut  “orang dalam”.
Pada waktu mati, orang luar itu rusak dan  kembali menjadi debu, tetapi orang dalam,  yaitu roh kita atau pribadi kita itu tetap ada  dan pergi menghadap Allah di Surga (orang  berdosa kalau mati, roh atau orang dalamnya juga tetap hidup dan masuk dalam Neraka dan menderita disini). Pada hari kebangkitan, dengan perintah Allah yang maha kuasa, rohnya akan kembali kepada sisa-sisa tubuhnya masing-masing; sesudah roh itu kembali masuk, sisa-sisa tubuh yang ada akan bangkit menjadi tubuh kebangkitan, ini hidup bahkan tidak bisa mati lagi.
Hari kebangkitan itu ada dua yaitu hari kebangkitan pertama dan kedua.  Hari kebangkitan pertama itu untuk giliran orang benar yang rohnya sudah masuk Surga dan yang kedua untuk orang-orang berdosa yang rohnya sudah ada di Neraka. Semua akan bangkit untuk menerima segala akibat perbuatannya selagi hidup di dunia dan dibawa masuk dalam kekekalan, masing-masing di tempatnya.
Jadi kita hidup di dunia ini hanya sementara (biasanya tidak sampai 100 tahun) dan pada waktu mati:
a). Tubuh (orang luar) dikubur menjadi debu (tetap biasanya tetap ada sisa-sisa tulangnya),
b). Roh yaitu pribadi kita tetap hidup, sebab roh tidak bisa mati dan kembali kepada Tuhan.
Kita tidak bisa kembali kepada Tuhan dengan tubuh luar yang kasar ini, baru sesudah mati, kita melepaskan tubuh kasar ini dan kembali kepada Tuhan. Ini terjadi sepanjang zaman sampai akhirnya, sesudah rencana Allah selesai, Tuhan Yesus kembali ke dunia mengambil orang-orang benar. Pada waktu ini mayat orang benar akan bangkit menjadi tubuh kemuliaan lalu naik ke Atas bertemu dengan Tuhan Yesus di udara. Lalu orang-orang benar yang masih hidup, diubahkan dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan lalu naik ke Atas untuk bertemu dengan Tuhan di udara 1Tes 4:16,17.
Mayat orang berdosa bangkit sesudah Kerajaan 1000 tahun pada hari kiamat. Roh orang berdosa yang mati sekarang, sudah ada di Neraka, itu kembali pada sisa tubuhnya masing-masing lalu bangkit dalam tubuh kebangkitan dan sesudah diadili dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar, kembali ke Neraka kekal.

Hidup yang fana ini hanya sebentar, tetapi penting sebab berdasar hidup yang fana di dunia ini, kita ditentukan untuk ke Surga atau Neraka. Hidup di dunia sekarang ini adalah kesempatan satu-satunya untuk menentukan tempat kita dalam kekekalan. Kalau kita percaya pada Tuhan dan dilahirkan baru, menjadi orang baru, turunan Adam terakhir dan tetap setia sampai ke akhir, maka waktu mati, kita akan masuk ke Surga dan pada hari kebangkitan roh kita akan kembali dalam sisa-sisa tubuh yang ada, lalu bangkit dengan tubuh kebangkitan, lalu ber-sama-sama Tuhan Yesus kembali ke dalam Surga Tempat yang indah, mulia untuk kekal.

VI. TEMPAT TUBUH KEBANGKITAN,  YOH 5:29

Semua orang mati akan bangkit tanpa terkecuali. Juga yang cacat dan janin yang belum pernah hidup di luar kandungan ibunya. Hanya ada dua tempat bagi orang-orang yang sudah bangkit. Tempat itu ditentukan dengan peng- adilan Allah yang 100% adil dan kuat, sehingga tidak ada orang bisa pindah dari tempat yang sudah ditentukan Allah Ibr 9:27, yaitu Surga atau Neraka.
Hidup sesudah mati ini tidak dikenal manusia, sebab tidak bisa ditangkap pikiran dan panca indra kita, tetapi justru hidup sesudah mati ini adalah hidup yang kekal, kehidupan yang sesung-guhnya. Dibandingkan hidup yang kekal, hidup yang sekarang ini hanyalah satu titik pasir kecil dengan seluruh bumi yang besar ini, bahkan masih lebih, sebab kekal itu tidak ada akhirnya, dahsyat!
Sebab itu kalau dalam hidup sekarang ini seorang tidak mendapatkan keselamatan yang kekal di dalam Tuhan Yesus, maka waktu mati, ia harus masuk dalam Neraka yang kekal, itu suatu kerugian yang tidak terkatakan. Mat 16:26. Jauh lebih untung menjadi Lazarus pengemis yang miskin di dalam dunia ini, tetapi dalam kekekalan duduk dalam Surga bersama-sama dengan Abraham.
Sebab itu sebagai pokok utama dalam hidup ini, kita harus memikirkan bagaimana kita bisa masuk dalam Surga dengan pasti, bukan kira-kira atau mudah-mudahan.
Tidak rugi mengesampingkan semua yang lain untuk mendapatkan kepastian keselamatan yang kekal. (Sebaliknya orang yang sudah kena tipu daya iblis sehingga tidak mau memikirkan dan tidak percaya akan hidup sesudah kematian, itulah orang yang paling rugi dan paling celaka di dunia ini. Jangan sampai kena tipu seperti ini).
Kita sangat untung sebab Tuhan sudah menyediakan keselamatan yang kekal dan pasti di dalam Tuhan Yesus Kristus Yoh 3:16. Dan jalan keselamatan itu begitu mudah dan tersedia untuk semua orang yang mau percaya kepada Tuhan Yesus dengan cuma-cuma. Begitu mudahnya sampai-sampai banyak orang mengabaikannya padahal sesungguhnya itu paling berharga dan yang paling mahal.
Seharusnya kita mencari dahulu kerajaan Surga dan kebenaranNya lebih dari semua hal-hal lainnya dalam dunia. Orang seperti ini kelak akan masuk dalam kerajaan Surga dan di duniapun akan disuplai Allah dengan lengkap segala kebutuhannya Mat 6:33.

VII. SYARAT KEBANGKITAN ORANG BENAR

Semua orang dengan sendirinya akan masuk dalam kebangkitan orang berdosa sebab semua manusia sudah berdosa, tidak ada yang terkecuali termasuk juga yang tidak percaya dan yang tidak mau memikirkannya.
Bagaimana dan apa syaratnya supaya kita bisa masuk dalam kebangkitan orang benar?
Hanya satu jalan, yaitu melalui Tuhan Yesus Kristus Yoh 14:6. Tidak ada jalan lain untuk bisa masuk dalam kebangkitan orang benar, lalu kemudian masuk ke Surga!
Di luar Kristus orang harus menanggung dosa-dosanya sendiri! Di dalam Kristus (berarti percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai juru selamat pribadinya) kita selamat dan kita akan masuk dalam golongan kebangkitan orang benar. Keselamatan yang kekal itu sudah nampak dari sekarang di dunia, yaitu kalau kita percaya pada Tuhan Yesus dan setia sampai ke akhir, yaitu tetap tinggal di dalam Kristus, seperti carang di dalam pokok Yoh 15:5.
Jadi syaratnya sangat sederhana asal tetap percaya kepada Tuhan, ia tetap selamat dan pasti ikut kebangkitan orang benar. Beberapa orang salah mengerti, dikira kalau sudah percaya itu seperti mempunyai karcis masuk Surga, lalu sesudah percaya bisa berbuat apa saja, ia akan tetap masuk Surga. Ternyata tidak! Kalau sesudah percaya orang itu kembali hidup dalam dosa dan tidak mau bertobat, keselamatannya hilang Yez 33:12-13 lalu tidak ikut kebangkitan orang benar tetapi ikut kebangkitan orang dosa.
Jadi kalau sungguh-sunguh bertobat (dan imannya dipelihara terus) ia akan tetap setia sampai mati; Orang yang mati, rohnya langsung masuk Surga atau Neraka dan sesudah  kebangkitan ia akan tetap tinggal disana dengan tubuh kebangkitannya yang mengikuti rohnya masing-masing.
Syarat untuk ikut dalam pengangkatan, pada prinsipnya sama. Hanya saja pada tahun-tahun terakhir sebelum pengangkatan, terjadi Hujan-akhir dan orang yang sungguh-sungguh ikut Tuhan akan makin penuh dengan Roh Kudus dan tumbuh dengan cepat sebab makin mahir hidup dipimpin Roh, bahkan sebagian menjadi sempurna. Orang-orang yang dipimpin Roh ini pada waktu Sang-kakala Allah dibunyikan, berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan dan dengan demikian mengalami pengangkatan.

VIII. PENGALAMAN ORANG BERDOSA.

Orang berdosa dari segala zaman, mulai dari Kain anak Adam dan Hawa (Yud 11) sampai orang berdosa yang terakhir yaitu orang-orang zaman Kerajaan 1000 th yang berontak kembali dalam Perang Gog dan Magog, semua akan mengalami pengalaman sbb:
1. Mati (Pertama). Ini mati yang biasa seperti zaman sekarang, tubuhnya di kubur, rohnya langsung masuk Neraka, di tempat iblis.
2. Kebangkitan kedua. Pada hari kiamat, semua orang ini bangkit dalam tubuh Kebangkitan orang berdosa, lalu menghadap Pengadilan Tahta Putih Yang besar, diadili dan dihukumkan sesuai dengan perbuat-annya selagi hidup di dunia, lalu dicampakkan ke dalam Tasik api.
3. Mati Kedua, yaitu masuk dalam Tasik api, tersiksa di sini untuk kekal.
Orang-orang berdosa yang menjadi sempurna dalam dosa (misalnya Antikris, nabi palsu zaman Antrikris dan orang-orang yang sempurna dalam dosa lainnya, terutama dari zaman Antikris), mereka tidak mengalami kematian, tetapi langsung dicampakkan dalam tasik api Wah 19:20/ 20:10.
Neraka yang sekarang dikuasai oleh iblis dan segala tentaranya; sesudah kiamat seluruh isinya dicampakkan dalam Tasik api yang kekal Wah 20:14. Algojo-algojo ini yang menyambut kedatangan semua orang berdosa yang bangkit kembali dan yang dibuang kesini sesudah dari pengadilan Tahta Putih Yang Besar. (Tentang keadaan orang-orang berdosa dalam Tasik Api diterangkan panjang lebar dalam buku Neraka, di mana mereka menderita untuk kekal dan asap siksanya naik ke atas selama-lamanya Wah 14:11). Akhirnya semua orang berdosa akan dikumpulkan kembali dalam tasik api dengan bapanya yaitu iblis untuk selamanya.

IX. PENGALAMAN ORANG BENAR.

Ada 3 golongan orang benar, yaitu:

A. ORANG BERIMAN BIASA.
1. Mati, yaitu kematian  pertama dan hanya satu kali saja.
2. Kebangkitan pertama, semua orang beriman sejak Adam Hawa sampai pada orang-orang yang mati waktu Tuhan Yesus datang, akan bangkit pada saat ini 1Tes 4:16-17 lalu masuk dalam kerajaan Surga.
Mereka yang tertinggal, tetapi tetap mengaku Kristus sampai mati, mati dalam zaman Antikris, rupa-rupanya bangkit pada akhir zaman Antikris, bersamaan dengan 2 saksi yang bangkit dan naik ke Sorga Wah 11:11-12.
3. Masuk Sorga untuk kekal dan di sini mereka tidak akan keluar kembali untuk kekal, betapa indah Wah 3:12.
B. ORANG BERIMAN YANG IKUT PENGANGKATAN.
1. Tidak mengalami kematian. Mereka langsung diubahkan dalam sekejap 1Kor 15:51 (pada saat pengangkatan) menjadi tubuh kemuliaan lalu langsung ikut peng-angkatan 1Tes 4:17.
2. Tidak mengalami kebangkitan, sebab tidak mati, tetapi langsung berubah menjadi tubuh kemuliaan tanpa kematian.
3. Masuk Sorga dan tinggal di sini dan kemudian masuk Surga Bumi Baru untuk kekal, tidak akan keluar lagi buat selama-lamanya.
C. ORANG YANG TUMBUH SAMPAI SEMPURNA
1. Tidak mengalami kematian. Mereka langsung berubah menjadi tubuh kemuliaan pada saat mereka menjadi sempurna sebelum pengangkatan. Orang-orang yang diangkat, berubah menjadi tubuh kemuliaan bersamaan pada saat pengangkatan, tetapi orang-orang sempurna masing-masing berubah menjadi tubuh kemuliaan pada saatnya sendiri, yaitu pada waktu mereka menjadi sempuna “menembus tirai”. Keadaannya mirip seperti orang-orang yang ikut pengangkatan, tetapi tingkat rohaninya lain, lebih tinggi, menjadi sempurna dan berubah pada saatnya masing-masing, tidak bersamaan (bandingkan Henokh dan Elia).
2. Tidak mengalami kebangkitan sebab tidak mati, tetapi langsung berubah menjadi tubuh kemuliaan yang sempurna.
3. Masuk Surga dalam tingkatan yang tertinggi sesuai Ruang Maha Suci, duduk dengan Kristus dalam tahta Allah Bapa Wah 3:21. Dalam Surga Bumi Baru, mereka ada di dalam Yerusalem Baru, selalu bersama-sama dengan Anak domba Allah Wah 14:1,4.

Ikhtisar pengalaman kekal bermacam-macam orang.



Catatan:
1. Tentang tebus tubuh diterangkan dengan lengkap dalam buku tubuh nyawa roh. Secara singkat adalah sbb:
Manusia yang percaya mengalami dua kali penebusan yaitu:
a). Orang dalam (rohnya) mengalami penebusan pada saat ia percaya/ lahir baru, menjadi orang baru oleh darah Tuhan Yesus 1Pet 1:18,19, 2Kor 5:17.
b). Orang luar (tubuh) belum ditebus, masih dalam bentuk tubuh lahiriah yang biasa, sebab itu masih mengalami akibat dosa yaitu sakit, menjadi tua atau mati. Tubuh ini baru akan mengalami penebusan tubuh pada saat pengangkatan.
Rom 8:23 Dan bukannya itu sahaja, melainkan kita sendiri pun yang beroleh buah sulung Roh itu, bahkan, kita ini sendiri juga mengerang pada batinnya dengan menanti-nanti hal menjadi anak angkat, yaitu tebus tubuh kita. (TL)

Kita semua menunggu saat penebusan ini Luk 21:28. Ini terjadi pada hari pengangkatan (orang-orang sempurna mengalami tebus tubuh pada saat mereka menjadi sempurna).  Sesudah tebus tubuh, maka kita mendapatkan tubuh baru yang sudah ditebus, yaitu tubuh kemuliaan yang tidak bisa mati, kekal di dalam Surga.
(Kalau penjelasan singkat ini belum jelas, dapat dipelajari lebih lanjut dalam buku Tubuh Nyawa Roh oleh pengarang yang sama).
2. Tubuh kebangkitan orang berdosa dan tubuh kebangkitan orang benar itu sangat berbeda. Orang benar sudah ditebus oleh darah Tuhan Yesus, sebab itu sama sekali tidak ada lagi akibat-akibat dosa dalam tubuh kebangkitan orang benar, tetapi dalam tubuh kebangkitan orang berdosa, itu hancur dan rusak oleh akibat dosa yang terus bekerja di dalam dirinya 1Pet 4:6.
3. Macam-macam orang.
a. Dalam Gereja mula-mula, keadaan rohaninya rata-rata bagus, tetapi tingkat pengertian rohani masih kurang (Alkitab seperti yang sekarang belum ada dan masih banyak pengertian rohani yang masih belum terbuka),dan tidak ada yang dilaporkan menjadi sempurna.
b. Dalam Gereja Akhir Zaman, oleh Hujan-akhir, tingkat rohani rata-rata orang Kristen tinggi, bahkan banyak yang sudah men-dekati kesempurnaan, tetapi masih ada juga dari yang bayi.
c. Baptisan api itu untuk orang yang sudah hampir sempurna (=tirai). Tetapi dalam minggu 70 Daniel, Gereja mengalami ujian akhir yaitu baptisan api, ini untuk semua anggota Gereja, yang rata-rata sudah penuh dan dikuatkan oleh Roh Kudus. Ada yang lulus dan menjadi sempurna, ada yang belum selesai diolah, tetapi tetap setia, ikut pengangkatan.  Mereka yang tidak lulus, jatuh dalam dosa dan mati, tetapi sebagian masuk dalam zaman Antikris.

X. KEBANGKITAN PERTAMA ITU BERTAHAP

Alkitab : Kebangkitan
= penuaian (1Kor 15:23).
Ada 3 macam penuaian.
1. Buah sulung. (Ul 18:4).
2. Panen = panen besar (1Tes 4:16-17).
3. Panen sisa / susulan (Im 19:9 / Ul 24:21 / Yes 17:6 / 24:13 / Mik 7:1).

1. KEBANGKITAN BUAH SULUNG.
Putra manusia Yesus menjadi buah sulung kebangkitan. Dia yang pertama kali bangkit dalam tubuh kebangkitan yaitu tubuh kemuliaan Kol 1:18.
Ada lagi beberapa orang yang menyertaiNya, yang ikut bangkit pada waktu kematian Putra manusia Yesus Mat 27:52-53. Inilah orang-orang Wasiat Lama yang sudah sampai taraf sempurna, tetapi masih tertahan dalam kubur oleh karena dosa-dosanya, sebab darah Yesus belum dicurahkan. Sebab itu segera sesudah darah Yesus tercurah, dosa-dosanya terhapus dan langsung mereka bangkit dari kematiannya, masuk bersama-sama Tuhan Yesus ke dalam Surga.
2. KEBANGKITAN PANEN BESAR.
Dalam panen besar, semua orang yang mati di dalam Yesus, bangkit pada saat kedatangan Tuhan, lalu naik ke Surga bertemu dengan Tuhan Yesus. Disini juga termasuk orang-orang Kristen yang masih hidup dan ikut pengangkatan; mereka diubah dalam sekejab (tanpa kematian 1Kor 15:51) lalu diangkat (banyak!). Ini juga termasuk panen besar meskipun mereka tidak bangkit. Sebetulnya mereka juga harus mati, tetapi Tuhan Yesus sudah mengalahkan kematian bagi kita dan orang yang mengalami tebus tubuh, tidak lagi mengalami kematian, tetapi langsung berubah menjadi tubuh kebangkitan yang mulia. Sebab itu orang-orang yang diangkat bisa digolongkan dalam panen besar.
Orang yang sempurna. Dalam 3,5 tahun I dari Minggu ke-70 Daniel, banyak orang beriman menjadi sempurna. Orang-orang ini langsung berubah menjadi tubuh kemuliaan. Mereka-mereka ini juga termasuk panen besar. (Ada beberapa orang Wasiat Lama yang menjadi sempurna, tetapi masih tertahan sebab darah Yesus belum tercurah, pada saat Tuhan Yesus di salib, dosanya ditebus, mereka langsung bangkit, dan orang-orang sempurna ini termasuk dalam kebangkitan sulung bersama-sama Putra manusia Yesus).
3. KEBANGKITAN SUSULAN = PENUAIAN SISA.
Orang Kristen yang tertinggal (banyak sekali) kalau bertobat, mereka tetap mengakui percaya pada Tuhan Yesus, sebab itu mereka dibunuh oleh Antikris (Wah 13:7). Tetapi mereka bangkit pada akhir zaman Antikris, dan ini menjadi panen sisa atau kebangkitan susulan.
Bila?
1. Kebangkitan susulan ini harus menunggu jumlah orang yang mati dalam zaman antikris genap Wah 6:11.
Sebab itu paling cepat ini bisa terjadi pada akhir zaman antikris.
2. Bangkit bersama-sama dengan 2 saksi? Wah 11:11-12. Ini kemungkinan terbesar, sebab 2 saksi itu:
a. Termasuk orang-orang yang tertinggal.
b. Dua Saksi itu juga mati dibunuh oleh Antikris.
c. Mereka adalah pemimpin / gembala yang menjadi ukuran dari orang-orang yang tertinggal (hanya mereka yang penuh Roh Kudus versi Wasiat Lama). Pada waktu 2 saksi itu bangkit terjadi gempa bumi yang besar dan mungkin sekali dalam gempa ini (seperti pada waktu Tuhan Yesus mati di salib, Mat 27:51-53) kubur terbuka dan orang-orang yang mati syahid dalam zaman antikris bangkit semua.
3. Sebelum nafiri VII Wah 11:14.
Mereka tidak perlu waktu banyak, sebab tidak ada acara khusus, mereka hanya:
a. Datang menghadap Allah Wah 7:9-14.
b. Tidak ikut Perjamuan Malam Pernikahan Anak Domba.
c. Tidak ikut Kursi Pengadilan Kristus; mereka tergolong orang-orang yang melewati api (1 Kor 3:15), hanya sekedar selamat tanpa pahala.
Mereka hanya mendapat  jubah putih dan daun palem Wah 6:11 / 7:9,13,14 dan
4. Sebelum kedatangan Tuhan Yesus tahap kedua, sebab mereka akan ikut turun dengan Tuhan lalu bersama-sama memerintah dengan Tuhan Yesus dalam kerajaan 1000 tahun (Wah 20:4).

XI. KESIMPULAN.

Semua orang akan bangkit, tidak ada yang terkecuali. Yang penting bukan soal bangkitnya, sebab percaya atau tidak, pasti semua orang akan bangkit, termasuk mereka-mereka yang tidak percaya juga. Yang paling penting adalah:
1. Masuk kebangkitan  yang mana? Kebangkitan kedua adalah kebangkitan orang berdosa (yang masuk Neraka) dan kebangkitan pertama adalah kebangkitan orang benar (yang masuk Surga).

Sebab kalau sekali sudah masuk di salah satu tempat itu, itu untuk kekal dan tidak bisa berubah lagi untuk selama-lamanya. Penentuan untuk masuk Surga atau Neraka, ditentukan dalam hidup kita sekarang di dunia ini.
Kalau kesempatan ini disia-siakan, akan masuk Neraka, sebab semua orang yang tidak percaya Tuhan Yesus akan menerima hukuman dosanya di Neraka. Tidak ada keselamatan kecuali di dalam Tuhan Yesus Kristus. Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan setia sampai ke akhir, pasti selamat, masuk ke dalam Surga yang kekal. 1Yoh 5:12-13.

2. Sesudah percaya (= Selamat), meningkatlah setinggi mungkin.
Sebab ukuran rohani terakhir di dunia, akan menjadi ukuran kemuliaan kita di Surga untuk selama-lamanya.
Sebab itu orang yang berusaha habis-habisan (dengan pertolongan Roh Kudus) untuk meningkat setingginya-tingginya, itu untunguntuk selama-lamanya. Ini lebih dari hasil sekolah atau pemilihan Presiden yang hanya untuk sesaat!