KEGERAKAN ILAHI LOKAL (SIAP UNTUK GLOBAL)

Yak 5: 7 Karena itu, hai Saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan. Lihatlah bagaimana petani menunggu buah-buah yang berharga dari bumi, dengan sabar sampai ia menerima hujan awal dan hujan akhir ( King James Indonesia- RTL)

I. KEGERAKAN ILAHI ADALAH PEKERJAAN ROH KUDUS

Puncak-puncak pekerjaan Roh Kudus itu ada dalam Hujan-awal dan Hujan-akhir, yang diceritakan dalam Perjanjian Lama dalam Ul 11:14.
Dengan adanya Hujan-awal dan Hujan-akhir, maka benih-benih yang ditabur itu bisa tumbuh sampai matang, sehingga bisa dipanen yaitu gandum, anggur dan buah zaitun (yang menghasilkan minyak zaitun). Tetapi selain puncak-puncak tertinggi dalam Hujan-awal dan Hujan-akhir, Roh Kudus masih membuat banyak kegerakan kecil dan besar di sepanjang sejarah.

II. HUJAN AWAL, HUJAN AKHIR DAN KEGERAKAN ILAHI.

Hujan:
– Awal -> melahirkan Gereja.
– Akhir -> menyempurnakan Gereja.

HUJAN AWAL.

Dari tidak ada Gereja, tidak ada kekristenan sampai timbul Gereja, timbul kekristenan di dunia ini, ini dibuat oleh murid-murid yang sederhana (dan orang-orang beriman mula-mula) yang dipakai Roh Kudus dalam kegerakan ilahi yang disebut Hujan awal.
Sebetulnya murid-murid yang dipakai Tuhan ini sangat ketakutan (kalau berhimpun dalam kamar, mereka mengunci dirinya, bahkan mereka betul-betul putus asa sampai mereka kembali pada pekerjaan yang lama yaitu menjala ikan). Mereka tidak bisa berbuat apapun.
Tetapi waktu mereka penuh Roh Kudus, mereka berubah sama sekali, menjadi begitu berani, juga sangat pintar (penuh dengan hikmat Allah) dan militant, sehingga seringkali mereka harus meng-hadapi sidang-sidang peng-adilan, aniaya dan penjara, bahkan ada yang dipenggal seperti Yakobus; Tetapi mereka tetap berani, tetap penuh hikmat dan mujizat-mujizat dan kuasa sehingga Gereja tetap lahir.
Gereja tidak hanya lahir, tetapi berkembang dengan cepat sampai di seluruh dunia yang dikenal waktu itu dalam waktu hanya kurang lebih 1 abad (jangan lupa waktu itu tidak ada radio, handphone, mobil dll, tekh-nologi zaman kuno, manual, jalan kaki dll).
Mengapa semua itu berhasil dengan luar biasa? Kalau semua itu dikerjakan dalam zaman sekarang, se-kalipun dengan tehnologi dan intelek modern, tidak akan berhasil seperti itu, apalagi dalam aniaya yang dahsyat (tanpa perlawanan). Tetapi waktu itu pelayanan mereka berhasil, Gereja tetap lahir dan berkembang. Mengapa ini bisa terjadi? Sebab pekerjaan Roh Kudus yang limpah yang disebut Hujan-awal.

HUJAN AKHIR.

Rencana Allah tidak pernah gagal, pasti berhasil dan genap dengan sempurna.
Allah menebus manusia dan menumbuhkannya sampai menjadi sempurna seperti Kristus. Pada akhirnya, di akhir zaman, secara pribadi dan bersama-sama, Gereja pasti akan sampai pada titik penyempurnaannya sehingga lahir 144.000 orang sempurna (Wah 14:1); dan rata-rata orang beriman lainnya pada waktu itu siap untuk diangkat, mereka  menjadi seperti ligabis (lima gadis bijaksana) yang penuh dan selalu hidup dipimpin Roh (Ligabo, lima gadis bodoh ketinggalan! Mat 25:3-4). Memang ada banyak orang beriman yang tidak tumbuh, (lebih-lebih karena cinta dunia, diikat dosa dan keras hati), mereka tertinggal dan masuk zaman Antikris. Sebagian yang sudah mabuk dengan dosa akan mati dan langsung masuk Neraka, sebab pada akhir zaman ini, lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel *) akan ada begitu banyak orang yang dibunuh, bahkan sampai 25-30% penduduk dunia mati dalam meterai 1,2,3,4. Wah 6).
Allah tidak pernah gagal menyempurnakan dan menamatkan rencanaNya. Ini dikerjakan lewat pembukaan Firman Tuhan sepenuh-penuhnya Mat 10:26-27 dan Hujan-akhir yang luar biasa Yoel 2:25. Juga ini sudah dinubuatkan dalam Ul 11:14 dan Yak 5:7 KJ.
*) Yang dimaksud dengan Minggu ke-70 Daniel disini dari Dan 9:27 adalah 7 tahun terakhir sebelum kedatangan Tuhan Yesus II, waktu mendarat di bumi (lihat buku “Bilakah Tuhan Yesus datang kembali oleh Pdt. Jusuf B.S.).

KEGERAKAN ILAHI PRIBADI DAN LOKAL.

Roh Kudus tidak pernah berubah dan terus bekerja dan prinsip kerjanya sama baik:
1. Dalam Hujan awal untuk melahirkan Gereja, maupun dalam
2. Hujan akhir untuk menyempurnakan Gereja dan
3. Dalam kegerakan di sepanjang zaman untuk menumbuhkan Gereja. Roh Kudus tetap bekerja di dalam orang-orang tebusan, sebab tanpa pekerjaan Roh Kudus kita tidak bisa berbuat apa-apa  Zak 4:6.
Andaikata rasul-rasul tidak mengalami baptisan Roh Kudus, tidak mungkin Gereja bisa lahir. Begitu pula tanpa pekerjaan Roh Kudus tidak mungkin Gereja bisa disempurnakan, bahkan bertahan saja terhadap dosa dan kedagingan tidak ada yang mampu. Firman Tuhan memang berkata, bahwa kalau waktunya tidak disingkatkan, maka satu orangpun tidak ada yang selamat Mat 24:22 (sebab itu kedatangan Tuhan akan dipercepat menurut jadwal Allah dan itu pasti jadi). Sebab itu kita perlu pertolongan Roh Kudus untuk bisa percaya, bertobat, tumbuh, melayani dan melakukan semua kehendak Allah.
Tanpa Roh Kudus kita akan menjadi manusia biasa, diikat dan diperbudak oleh dosa, uang, pornografi, percabulan, kesombongan, occultisme, setan-setan dsb. Tetapi dengan Roh Kudus, kita punya kuasa yang limpah Kis 1:8, Luk 24:49 sehingga kita bisa menginjak ular dan kalajengking dan mengalah-kan semua kekuatan musuh Luk 10:19, Pil 4:13, Mrk 16:17.
Tanpa Roh Kudus, tidak ada seorangpun yang bisa bertobat, apalagi cinta Firman Tuhan, mengerti saja sudah tidak mungkin sehingga bosan dan malas membaca atau mendengar Firman Tuhan, apalagi berdoa. Tetapi kalau kita berdoa dalam Roh dan kebenaran, hati menjadi begitu sukacita, senang, dalam hatinya penuh dengan sungai air hidup kesukaan Surgawi, luar biasa. Roh Kudus membuat iman kita menjadi hidup. Sebab itu kita perlu pertolongan Roh Kudus yaitu Allah yang menjadi Penolong pribadi kita.
Pekerjaan atau kegerakan Roh Kudus ini terjadi sepanjang zaman untuk menghidupkan dan menumbuhkan Gereja. Asal ada orang mau diajak kerjasama, mau dipakai oleh Allah, maka terjadilah kegerakan Roh Kudus. Kegerakan Roh Kudus itu tidak tentu, kadang-kadang kecil, kadang-kadang besar, di sini-sana, tergantung apakah ada orang yang mau, rindu dan mengerti untuk menyalakan api itu.

III. HASIL KEGERAKAN ILAHI.

Sudah dinubuatkan Allah bahwa akan ada banyak dosa dan banyak kejatuhan dan itu akan terjadi tidak lama lagi dan dengan cepat 1Tim 4:1, 2Tes 2:3.
Kita tentu tidak mengharapkan hal ini terjadi pada kita, sebab mereka yang jatuh dan undur akan tenggelam dalam dosa sehingga rusak imannya lalu mati dalam dosa dan  masuk Neraka. Yang undur tetapi masih hidup akan tertinggal untuk dianiaya Antikris sampai mati.
Kita mengharapkan supaya sebanyak mungkin orang beriman bisa tahan, meskipun ada banyak tekanan karena bermacam-macam problem seperti penyakit, kejahatan, pembunuhan, kesusahan, problem, anca-man, gangguan rumah tang-ga, malapetaka dll hal yang ngeri dan dahsyat.
Lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel, menurut Dan 7 ada tiga binatang Antikris pendahulu sudah muncul dan beraksi sangat dahsyat, hampir sama seperti binatang yang ke-4. Kita tidak perlu takut tetapi kita harus siap menghadapi fakta yang sudah dinubuatkan Tuhan, yaitu dengan:
1. Hidup dipimpin Roh dan penuh dengan kuasa Allah. Sebab itu kita perlu berdoa, puasa, dipimpin Roh, limpah Firman Tuhan dan bersekutu dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul, dan tetap melayani ke dalam dan keluar. Dengan demikian kita akan limpah kekuatan dan hikmat Allah sehingga kita dan Gereja Tuhan bisa terus hidup berkemenangan, bahkan mengalami hidup ajaib dan luar biasa (Wah 12:1) di tengah-tengah celaka dan malapetaka yang dahsyat seperti yang sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan. Kita tingkatkan cara hidup seperti ini yang sekaligus akan menghasilkan kegerakan ilahi lokal.
Kita akan melihat contoh DALAM WASIAT LAMA. Waktu Roh Kudus tinggal dan bekerja di dalam orang yang mau dipakai Tuhan,  seperti hakim-hakim, nabi-nabi, Musa, Nuh, Henokh, Daud, Daniel, Hizkia dan banyak lagi yang lain.
Lihat saja Nuh yang berjalan dengan Tuhan, itu berarti Roh Kudus memimpinnya, hasilnya ajaib. Orang kuno tanpa pendidikan apapun bisa membuat kapal besar dan bisa berlayar dengan baik, muatannya luar biasa banyaknya, panjangnya kurang lebih 150 meter, lebarnya 25 meter dan tingginya 15 meter dengan peralatan zaman batu. Mungkin sesudah ini baru 4000 tahun kemudian ada kapal sebesar ini, sebab tehnologi 4000 tahun berikutnya, baru bisa membuat kapal sebesar ini. Semua ini dikerjakan karena dipimpin Roh.
Hidup dipimpin Roh itu indah sebab dengan hidup di jalan Tuhan seperti ini, kita terpelihara bahkan terus berkemenangan Rom 8:37, karena bukan kita lagi yang hidup melainkan Roh Kudus yang hidup di dalam kita Gal 2:19-20. Dalam orang seperti ini, pasti terjadi kegerakan ilahi pribadi.
Juga dalam pimpinan Roh Kudus, kita bisa menemukan dan mendapatkan ke-sempatan yang indah-indah dari Tuhan.
Kesempatan dari Tuhan itu belum tentu nampak  dalam bentuk yang manis, bahkan bisa berupa celaka dan kepahitan, tetapi kalau digarap dengan betul, dengan hikmat dan kuasa Roh Kudus, akan menjadi hal-hal yang indah. Misalnya Daud waktu bertemu singa, beruang, itu celaka besar, tetapi sebab Roh Tuhan ada di atasnya, celaka itu berubah menjadi pengalaman yang heran dan indah.
Juga waktu ia bertemu Goliat, itu seperti melihat maut, seperti menghadapi algojo yang jahat dan kejam. Tetapi sebab dipimpin Roh, hal itu menjadi pengalaman yang luar biasa, bahkan pengalaman besar tingkat nasional!
Begitu waktu menghadapi kejaran Saul yang hendak membunuhnya sampai 9 kali. Roh Kudus memimpin Daud untuk menanganinya sesuai kehendak Tuhan, yaitu menurut Firman Tuhan; Padahal pada saat itu, ia mendapat kesempatan emas untuk membunuh Saul yang sangat kejam kepadanya. Tetapi ia tidak mau mendatangkan tangan atas orang yang (pernah) diurapi Tuhan dan hasilnya, Tuhan mem-berkatinya luar biasa seumur hidupnya bahkan sampai turunannya.
Juga waktu Kehila dibumi hanguskan musuh, sebab Daud digerakkan Roh Kudus, semua itu berubah menjadi suatu kemenangan dan jarahan yang sangat besar.
Begitu juga DALAM WASIAT BARU untuk menobatkan orang, melepaskan dari dosa, membangun iman jemaat, berbuat mujizat, menghadapi bahaya dan kesulitan dll, semua bisa berhasil karena ada hikmat dan kuasa Allah yang diisikan Roh Kudus di dalam orang-orang yang mau taat kepadaNya.
Seperti Petrus, Yohanes, Paulus, rasul-rasul dan orang-orang Kristen mula-mula lainnya, semua penuh dengan karya Roh Allah yang turun ke atas mereka.
Kalau Roh Kudus tidak menolong kita, kekristenan sudah lama punah dari dunia atau berubah bentuk menjadi agama manusiawi yang limpah dengan dosa,  bukannya melepaskan orang dari dosa dan tidak menyelamatkan dari Neraka kekal.
2. Rohani jasmani akan tumbuh dan maju pesat.
Kita bukan hanya  bertahan menghadapi dunia yang sa-ngat jahat, tetapi justru kalau kita hidup oleh Roh, kita mengalami pertumbuhan dan kemajuan rohani yang pesat  dari Roh Kudus, hidup kita akan menjadi kuat dan ajaib. Ini hidup yang indah, sukacita, puas penuh kemenangan sehingga tidak mudah jatuh, (limpah anggur, minyak dan gandum!),  sekaligus mendapat  fasilitas jasmani yang luar biasa (limpah dan ajaib oleh kuasa Tuhan). Sebab Tuhan juga menjanjikan kelimpahan bagi Gereja  pada akhir zaman Yes 60:5; 61:5-6, Pkh 2:26, untuk menyempurnakan rencana Allah. Sama seperti Israel waktu keluar dari Mesir, meskipun mereka sangat miskin, tetapi Tuhan memberi fasilitas yang sangat limpah, sehingga bangsa budak yang miskin ini bisa membangun rumah Allah yang serba emas dan dengan barang-barang berharga lainnya. Allah sanggup melakukannya, bahkan sangat mudah bagi Allah dan tetap jujur, dalam kebenaran. Kel 12:36. Semua ini akan ditambahkan pada tubuh Kristus yang tinggal dalam Dia, meskipun keadaan sekarang makin sulit, istimewa dalam ekonomi dll, tetapi Allah sanggup menggenapi janjiNya.
Jangan sampai masuk dalam jerat kesukaran uang dll. Beberapa banyak orang Kristen, karena kesukaran nafkah (keamanan, pekerjaan dll) lalu berusaha mati-matian mengatasinya dengan kekuatan sendiri sehingga menghalalkan segala cara dan rohani dikorbankan, akibatnya rohaninya  menjadi lemah dan jatuh dalam segala macam dosa.
Jangan kuatir, kita harus tetap bekerja untuk nafkah, tetapi jangan tinggalkan Tuhan, itu sumber segala-galanya. Cari dahulu kerajaan Surga dan kebenaranNya, maka semua fasilitas yang kita butuhkan akan ditambahkan Tuhan dengan mudah Mat 6:33! Tuhan sanggup dan akan tetap menggenapkan ayat ini. Gereja yang betul, yang ada dalam kegerakan ilahi, akan limpah segala fasilitas jasmani dan rohani.

IV. SIAP MASUK MINGGU KE-70 DANIEL.

Orang yang masuk dalam kegerakan ilahi pribadi atau lokal dengan pengertian, ia akan mengharapkan untuk masuk dalam kegerakan ilahi global yaitu Hujan-akhir dalam Minggu ke-70 Daniel. Mengapa? Sebab kalau kita sudah disiapkan oleh Roh Kudus dalam kegerakan-Nya, itu sama dengan kegerakan Hujan-akhir hanya beda ukuran, maka kita sudah mencicil sebagian pengolahan dari Hujan-akhir dan bisa diteruskan dalam Hujan-akhir, sehingga kalau kita sempat ikut dalam Hujan-akhir, ada harapan untuk meningkat sangat tinggi, bahkan menjadi sempurna, yaitu tingkat yang tertinggi, terindah, termulia untuk kekal Mat 24:42. Ini kesempatan yang disediakan Allah bagi Gereja yang mengerti. 2Raj 2:10. Kalau kita tidak memakai kesempatan yang begini indah, kita rugi untuk kekal. (Kesempatan ini bagi orang yang mengerti rahasia akhir zaman dari Firman Tuhan. Mereka yang tidak mengerti akan menyibukkan dirinya dengan hal-hal yang kurang berfaedah bahkan dengan yang fana dan sia-sia). Jangan sia-siakan kesempatan ini! Kalau toh kita belum bisa menjadi sempurna waktu itu, kita tetap mem-punyai harapan lebih besar untuk masuk dalam zaman keemasan Gereja *) sebelum pengangkatan.
*) Lihat buku “Zaman keemasan Gereja” di akhir zaman oleh Pdt. Jusuf B.S.
Keadaan yang dialami orang-orang yang mengalami kegerakan ilahi ini sangat kontras dengan keadaan orang-orang dalam dunia yang ikut hanyut dalam banjir dosa yang luar biasa, baik dalam 3,5 tahun I, juga dalam 3,5 tahun II. Betul-betul suatu kontras yang dahsyat waktu ini seperti kontras Surga dan Neraka.

A. Dalam 3,5 tahun pertama Minggu ke-70.

Suasana Surga.

Kalau kita sekarang bersedia, kita bisa masuk dalam zaman keemasan Gereja yang diatur dengan peraturan yang sangat keras dan tegas 2Kor 10:6, sehingga tidak ada satu dosapun yang tidak dihukum dengan dahsyat. Kasus-kasus seperti Ananias dan Safira kembali terjadi di dalam Gereja-Gereja dan itu sangat dahsyat karena Gereja disu-cikan dan betul-betul suci. Sebab itu Roh Kudus bisa bekerja dengan leluasa dan dengan ukuran yang sepenuh-penuhnya sehingga Gereja mengalami suasana Surga yang sangat indah.

Suasana Neraka.

Sementara itu, di sekitar orang-orang beriman, orang-orang berdosa dan orang beriman yang undur sedang mengalami suasana penderitaan dan celaka seperti Neraka. Suasana Neraka ini bercampur dengan kesukaan-kesukaan dosa yang keji tetapi sesaat, terjadi dimana-mana.
Ini seperti dalam Bil 25 dimana perempuan Moab menari-nari dengan sangat seksi lalu orang-orang Israel dengan bebas berzina dengan perempuan-perempuan ini. Tetapi sementara berzina itu, mereka satu per satu mati kena bala Allah sampai akhirnya 24.000 laki-laki Israel mati. Begitu keadaan dunia waktu ini yang adalah campuran antara bermacam-macam kesukaan dosa sesaat (berzina, berkelahi, mem-bunuh, makan minum, berjudi, merampok dll) sekaligus bercampur dengan orang-orang yang jatuh mati terkena kejahatan dan mala-petaka yang begitu banyak (termasuk bala-bala Meterai, Nafiri dan Bokor Allah dalam Minggu ke-70 Daniel ini). Tetapi di dalam Gereja keadaannya begitu indah gilang gemilang seperti di Surga, meskipun Gereja masih tetap berada di dunia, di tengah-tengah suasana Neraka ini, sangat kontras!

B. Dalam 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel.


Suasana Surga dan Neraka tersebut  makin meningkat sampai puncak-puncaknya tetapi Gereja Tuhan sudah pindah ke Surga oleh pengangkatan, masuk dalam pesta kawin Anak domba Allah, sedangkan di dunia ada pesta Antikris dan pengikutnya, yaitu sukacita dosa termasuk pembunuhan, occultisme, perzinaan, tamak akan uang, haus kuasa dll, dicampur dengan 7 Bokor Allah yang dahsyat serta sisa-sisa Meterai dan Sangkakala. Yang menjadi objek kesukaan Antikris dan pengikut-pengikutnya yang sadis itu adalah orang-orang Kristen yang tertinggal, mereka menjadi bulan-bulanan nafsu Antikris dan tentaranya serta semua algojo dari segenap penjuru Neraka yang waktu itu semuanya mendarat di bumi Wah 9:1-6,13-19; mereka semua dianiaya sampai mati, begitu dahsyat menjadi objek pesta sadis dan kejahatan orang-orang dan setan-setan ini. Jadi waktu ini Surga dan Neraka terpisah total, mata ularpun tidak bisa melihat lagi keadaan tubuh Kristus dalam “padang gurun ini” tidak seperti dalam 3,5 tahun I Wah 12:14.
Kalau kita bersedia baik-baik, yaitu sekarang meng-alami kegerakan ilahi pribadi / lokal (penuh dan dipimpin Roh) seperti Nuh, maka kita akan ikut dalam pengangkatan Gereja. Orang-orang Kristen yang bersedia ini masuk dalam masa keemasan Gereja (3,5 tahun I) dan masuk dalam pesta kawin Anak domba (3,5 tahun II). Mat 24:36-44. Orang-orang yang mau bersedia seperti Nuh, itu sangat-sangat untung, seperti lima gadis bijaksana, sebab mereka akan masuk dalam kesukaan dan kemuliaan Allah yang amat besar dan kekal.

V. KITA BISA MEMBUAT KEGERAKAN ILAHI.

Mengapa? Sebab:

1. Roh Kudus tidak berubah.
2. Ini adalah kehendak Tuhan, supaya kita selalu penuh dan dipimpin Roh.
3. Kita mempunyai kwalitas iman yang cukup, seperti Petrus.
4. Tergantung kita.
1. Roh Kudus yang sama (yang membuat kegerakan ilahi dan Hujan-awal, Hujan-akhir), itu :

a). Sudah kita terima.

b). Dia ada di dalam kita se-karang dengan kekuatan dan kemampuan ilahi yang tidak berubah.

c). Dia sanggup menyatakan kemampuan ilahi itu di dalam dan melalui kita. Memang Roh Kudus yang ada pada kita, Dialah yang membuat kegerakan ilahi.

Meskipun ada jadwal Allah untuk Hujan-akhir, tetapi kalau Roh Kudus bekerja, Ia selalu (dan sudah) membuat ke-gerakan ilahi lokal dimana-mana saja. Ia tidak pernah berhenti bekerja terus menerus sepanjang zaman (asal ada orang yang rindu dan mau dipakai Roh Kudus untuk membuat kegerakan ilahi ini), meskipun ukurannya tidak seperti  puncaknya yaitu Hujan-akhir, sebab pada waktu itu dunia sudah matang penuh untuk dituai.
Kegerakan Roh Kudus sepanjang zaman itu seperti air yang mendidih. Kegerakan ilahi yang dibuat Roh Kudus itu seperti gelembung air yang akan mendidih, ada gelembung kecil dan besar.

Mula-mula hanya ada sedikit kegerakan kecil, lokal di berbagai tempat di dunia, seperti beberapa gelembung-gelembung kecil yang timbul dalam bejana ini karena dasarnya dipanasi.

Makin lama makin banyak gelembung-gelembung besar kecil timbul, yaitu kegerakan ilahi lokal dan ada di mana-mana. Akhirnya pada waktu masuk Hujan-akhir, kegerakan ilahi itu meluap, besar-besar dan terjadi di mana-mana di seluruh dunia, seperti bejana yang mendidih oleh api, terjadi kegerakan ilahi dari seluruh dunia oleh pekerjaan Roh Kudus yang amat limpah.

Dalam Hujan-akhir tidak ada tempat di dunia yang tidak dilanda Roh Kudus. Memang tetap ada daerah-daerah yang dingin dan penuh dengan dosa dan pekerjaan setan, (ingat Surga dan Neraka bertetangga di mana-mana),  tetapi semua orang beriman yang mau sungguh-sungguh, mau me-nerima pekerjaan Roh Kudus akan dibakar hatinya, dige-rakkan sehingga menyala-nyala. Hujan-akhir ini melanda seluruh dunia, seperti air yang mendidih, di mana-mana ada gelembung-gelembung besar yang menggerakkan seluruh dunia.
2. Ini adalah kehendak Allah bagi kita, supaya kita selalu penuh dan dipimpin Roh. Ef 5:18, Gal 5:16,25, Luk 4:1,18, Mat 4:1. Kalau kita berjalan dalam Roh, digerak-kan oleh Roh Kudus, itu berarti berjalan di jalan Tuhan, dan jalan dengan Tuhan itu indah, itu berarti kegerakan ilahi pribadi yang membuat kegerakan ilahi lokal. Lebih-lebih dalam akhir zaman  seperti Nuh Kej 6:9, yang makin dahsyat ini. Ini cara hidup yang normal dan sesuai kehendak Allah, lebih-lebih dalam hari-hari yang sulit di akhir zaman dan kita sudah harus bisa hidup seperti ini sekarang, yaitu seperti ligabis (lima gadis bijaksana ini).
3. Kita mempunyai iman yang kualitasnya sama atau sama indahnya dengan iman Petrus.
2Pet 1:1 Dari Simon Petrus, seorang hamba dan rasul Yesus Kristus. Kepada mereka yang sudah beroleh iman yang sama indahnya dengan kebenaran iman melalui kebenaran Allah dan Juru selamat kita, Yesus Krsitus (King James Indonesia – LAI)
Iman Petrus sudah membawanya masuk dalam Hujan-awal dalam tingkat yang tertinggi. Iman yang sama indahnya seperti ini ada di dalam kita, bahkan sekarang kita juga mempunyai Firman Tuhan penuh, seluruh Alkitab, yaitu sumber benih iman ilahi. Asal kita mau berjalan dengan iman, kita bisa mengalami kegerakan ilahi lokal yang sama dengan zaman Petrus (hujan- awal) dan itu sudah sangat indah dan mulia.
4. Tergantung dari kita, umat Tuhan. Sekarang Roh Kudus sudah bekerja, bahkan bertambah-tambah dengan mencolok sejak tahun 1901, sebab itu sekarang, sewaktu-waktu  Ia bisa membuat kegerakan ilahi lokal, meskipun ini berarti ukurannya belum penuh seperti Hujan-akhir. Jadi sekarang tergantung dari kita.
Kalau dahulu ada 12 murid dan 120 orang di kamar loteng Yerusalem, yang mau dipakai oleh Roh Kudus untuk menyatakan kuasaNya, maka timbullah Hujan-awal.
Juga sekarang, kalau kita mau dipakai untuk menyatakan kuasa Allah bagi kemuliaanNya, maka Roh Kudus sanggup membuat kegerakan ilahi lagi, setiap kali di tempat dan di lokasi kita masing-masing, kegerakan pribadi atau kegerakan lokal.
Kalau seorang koki pergi ke tempat lain di luar pulau, dan ada cukup bahan dan per-alatan, maka di tempat baru ini akan muncul makanan lezat yang biasanya hanya ada di kota koki yang lama, tetapi sekarang di luar pulau juga ada, sebab koki yang pintar itu ada disitu. Dimana ada koki itu, makanan yang enak itu juga ada disana, dibuat oleh koki itu.
Demikian juga Roh Kudus itu adalah “Koki” dari kegerakan ilahi. Roh Kudus adalah Allah yang maha kuasa, Ia sanggup membuat kegerakan ilahi dimana saja, asal ada orang-orang yang mau dipakai dan memenuhi syarat-syarat-Nya. Kalau kita mau dipakai untuk meng-hasilkan kegerakan ilahi lokal, Roh Kudus sanggup melakukannya.
Kegerakan ilahi lokal itu sangat berarti dan ini mempersiapkan kita untuk bisa masuk dalam Hujan-akhir atau Minggu ke-70 Daniel.
Kalau kita mengalami kegerakan ilahi, ini berarti kita dipersiapkan seperti lima gadis bijaksana, supaya kita bisa mencapai tingkat yang setinggi-tingginya dalam masa yang indah itu (Minggu ke-70 Daniel).
Mengapa? Sebab sekarang sudah dipersiapkan baik-baik oleh Roh Kudus, bahkan lebih banyak kemungkinannya untuk  bisa menjadi sempurna, luar biasa! Ini adalah cara bersedia yang diperintahkan Tuhan dalam Mat 24:42. *)
Pegang janji-janji Firman Tuhan, lalu berdoa seperti Daniel Dan 9:2-3. Daniel memegang janji Tuhan tentang 70 tahun tawanan lalu lepas, dan kemudian mulai berdoa, maka timbullah suatu kege-rakan ilahi yang luar biasa. Koresy digerakkan hatinya oleh Tuhan, sehingga Israel dengan cara yang luar biasa pulang kembali ke Yerusalem!
*) sebagai contoh untuk membuat kegerakan ilahi dapat dibaca dalam buku: “Bila Allah melangkah turun dari Sorga” Oleh Owen Murphy diterbitkan oleh Penerbit Andi Offset, Jogja. Hampir semua orang yang membaca buku ini mendapat berkat, mendapat apinya. Belilah di toko buku Kristen atau langsung pada penerbitnya.

VI. HAL-HAL KHAS DARI KEGERAKAN ILAHI.

Kalau seorang hidup dan digerakkan oleh Roh Kudus maka pasti hidupnya menjadi berarti, indah dan limpah berbuah-buah, juga mendapat kejutan-kejutan indah 1Kor 2:9.
Kegerakan Roh Kudus itu juga membuat hidup jadi manis, sukacita dan puas. Dalam Perjanjian Lama, Hujan-awal dan Hujan-akhir itu menghasilkan panen yang limpah (minyak, anggur dan gandum, lihat hal 3) yang bagi kita berarti banyak hal-hal yang indah, yaitu:
1. Minyak yaitu pengurapan Roh Kudus. Biasanya orang yang penuh dengan peng-urapan ini limpah berdoa, sebab dengan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran ada banyak pengurapan Luk 24:49. Ini menghasilkan hidup yang luar biasa, sebab Roh Kudus ada di dalam kita, sehingga bukan kita lagi tetapi Kristus yang hidup dalam kita Gal 2:20. Kalau kita hidup sendiri itu sangat terbatas, tetapi kalau Allah yang hidup di dalam kita, itu luar biasa, tidak terbatas sebab Allah yang tinggal di dalam kita itu maha kuasa!
2. Anggur, kesukaan yang luar biasa sebab pekerjaan Roh Kudus itu luar biasa, sehingga ada kegirangan yang besar Kis 2:13; 8:8.
3. Gandum, yaitu Firman Tuhan. Kalau ada kegerakan Roh Kudus, maka orang-orang jadi sangat cinta pada Firman Tuhan, sebab huruf-huruf Firman Tuhan yang mati menjadi hidup, sehingga dengan Roh Kudus, Firman Tuhan itu jadi lebih indah dari film yang paling bagus, sebab kita bisa membaca dan mengerti sampai sifat-sifat dan perasaan hati dari orang-orang yang diceritakan dalam Firman Tuhan. Sebab itu kalau Roh Kudus bekerja di dalam sese-orang, maka orang itu menjadi cinta dan seperti mabuk akan Firman Tuhan, sebab bukan saja mengerti, tetapi ia juga  mengalaminya sendiri dalam hidupnya dengan pertolongan Roh Kudus.
Hidup seperti ini hasilnya sangat indah, jauh lebih besar daripada dengan kekuatan sendiri, sebab kita ikut kegerakan ilahi; hati sejahtera, sukses, tidak gelisah, puas, tidak tegang dan senang. Bisa hidup suci dan ada dalam kegerakan Roh Kudus itu enak, sejahtera Yoh 4:14 sukacita dari Tuhan Rom 14:17 dan itu menjadi selamat Pil 3:1.

VII. BERSAMA-SAMA MEMBUAT KEGERAKAN ILAHI LOKAL.

Hidup dipimpin Roh, di jalan Tuhan, maju dengan Tuhan, itu semua adalah hidup dalam kegerakan ilahi secara pribadi atau lokal.
Kalau kita bersama-sama membuat kegerakan ilahi lokal di Gereja kita, itu bukan berlebih-lebih, itu Kegerakan ilahi lokal itu prinsipnya sama dengan Hujan-awal atau Hujan-akhir. Memang ukuran Hujan-akhir lebih tinggi, tetapi biarpun hanya 1/4 atau 1/3 nya saja, itu sudah sangat-sangat indah bagi kita.
Jadi adalah kehendak Tuhan bagi kita untuk membuat kegerakan ilahi lokal, sebab sekarang kita sudah memiliki Roh Kudus dan iman yang sama untuk membuat Hujan-awal atau Hujan-akhir dan ini wajar, normal, hasil dari hidup dengan Tuhan (penuh dan dipimpin Roh). Dengan demikian kita siap untuk kegerakan ilahi global. Sebab itu biar masing-masing kita berdoa bilik setiap hari 1 jam + masa teduh membaca Firman Tuhan + puasa 50 hari dalam setahun (sehari seminggu). Kalau ini kita kerjakan dengan betul maka pelayanan masing-masing akan meningkat mutunya, lebih efisien dan tanda-tanda spesialisasi ja-batan akan makin nyata. Ini akan menghasilkan kegerakan ilahi lokal yang indah dan kita harap akan terus berlangsung sampai masuk ke dalam Minggu ke-70 Daniel yang sudah tidak lama lagi.

VIII. HALAMAN AKAN DIKOSONGKAN.

Dosa dan kesucian, keduanya akan meningkat luar biasa Wah 22:11Dosa meningkat sampai puncak-puncaknya sehingga hampir-hampir tidak ada lagi orang yang hidup dalam dosa kecil, semua dosa-dosanya menjadi besar dan itu sudah menjadi mode dan budaya akhir zaman. Misalnya berzina, itu menjadi menu hidup sehari-hari, membunuh juga perbuatan sehari-hari, berhala dan occultisme, dst itu cara hidup orang-orang akhir zaman, kalau tidak mereka kalah dan hancur.
Kesucian juga sampai pada puncak-puncaknya. Sebaliknya Hujan-akhir begitu kuat sehingga oleh pekerjaan Roh Kudus yang limpah, orang-orang suci bertambah suci; Orang Kristen yang tidak penuh Roh Kudus dan tidak berjalan dengan Roh tidak akan tahan, mereka akan hanyut dalam arus duniawi dan pasti jatuh dalam dosa dan terus bertambah-tambah dalam dosa.
Sebab itu Halaman jadi kosong.
Orang yang menjadi Kristen itu harus ya ya (ya, sungguh-sungguh ya, taat habis-habisan, masuk Ruangan Suci) atau tidak tidak (kalau tidak mau, tidak lagi pura-pura, semua kekriste-nannya ditinggalkan, keluar ke Luar Halaman).
Sebab itu semua orang Kristen yang bercabang, mendua, setengah hati, pura-pura akan terseret dunia dan mening-galkan Tuhan habis-habisan; ini golongan “tidak tidak”. Tetapi orang Kristen yang mau sungguh-sungguh akan penuh Roh Kudus dan terus meningkat dalam kesucian; ini golongan “ya ya”. Ancaman dan tekanan dari tiga Antikris itu dahsyat, sebab itu yang mau menjadi orang Kristen atau mau bertahan sebagai orang Kristen, hanya mungkin kalau mereka mau hidup dalam Roh, baru bisa tahan.
Jadi orang-orang yang di Halaman akan jatuh keluar dari Halaman atau sebaliknya orang-orang Halaman yang bertobat, yang ya ya, Roh Kudus akan menolongnya dengan limpah sehingga bisa terus penuh dan dipimpin Roh dan akan terus naik ke atas, maka Halaman akan kosong sebab yang ya akan ya, yang tidak akan tidak!
Memang beda dosa dan kesucian pada waktu itu akan sangat besar. Sebab itu kalau kita tidak tumbuh, tidak hidup dengan Tuhan seperti Nuh dan lima gadis bijaksana, tidak akan tahan dan jatuh, keluar ke dunia.
Gereja akan tumbuh makin suci, makin indah seperti Surga (sebab suci itulah Surga). Juga karunia-karunia Roh dan jabatan akan nyata dalam Gereja sebab itu semua diperlukan sehari-hari dalam dunia yang sulit dan dahsyat itu, karena Gereja ditargetkan Allah akan menjadi sempurna dan rencana Allah pasti digenapkan!
Andaikata Tuhan belum datang atau masih 10 tahun lagi baru datang, tidak apa-apa, tidak rugi, justru kita makin untung sebab berjalan dengan Tuhan, Imanuel, itu pasti lebih untung jasmani dan rohani. Waktu Nuh berjalan dengan Tuhan, segala perkara-perkara besar terjadi Maz 60:14. Bahtera yang tidak mungkin jadi, itu betul-betul nyata, jadi dengan sempurna. Juga binatang-binatang men-jadi begitu kooperatif dan berpawai masuk kapal Nuh dengan perubahan total, semua menjadi jinak-jinak.

Tetapi hari kedatangan Tuhan itu sudah dekat, jangan ragu-ragu, ikutlah bersama-sama membuat kegerakan ilahi lokal, maka masing-masing kita yang ikut dalam kegerakan ilahi lokal ini akan mengalami hari-hari yang indah dan berkemenangan, baik dalam tahun ini dan dalam tahun-tahun yang akan datang.
Ingat kita tidak hidup di tahun 2000, sekarang sudah 2010, bersedialah, sebab waktunya sudah dekat, lagi pula orang yang membuat kegerakan ilahi lokal itu ikut mempercepat kedatanganNya, memang ini kehendak Tuhan 2Pet 3:12.

IX. KESIMPULAN

Marilah bersama-sama kita bersekutu dengan baik dalam persekutuan tubuh Kristus yang suci dan dengan kasih Kristus, dan bersama-sama membuat kegerakan ilahi lokal sebab ini adalah kehendak Tuhan dan cara hidup yang normal dari orang-orang yang sungguh-sungguh ikut Tuhan.

Biar tiang awan dan tiang api Tuhan memimpin kita terus seperti Israel di padang gurun, sampai masuk Kanaan. Bukan seperti Israel yang ber-sungut-sungut dan bergantian mati selama 40 tahun di padang gurun, tetapi seperti generasi baru dibawah pimpinan Yosua, terus dipim-pin tiang awan, tiang api dan Tabut akan masuk lewat sungai Yordan (yaitu peng-angkatan) masuk dalam pesta kawin Anak domba dan Surga Bumi Baru yang kekal.
Nyanyian:
I. Kirimkanlah keg’rakan
yang besar
turunkanlah kuasa
Rohulkudus
———–2x————-
Haleluya, Puji Tuhan  – 2x
Kirimkanlah keg’rakan
yang besar turunkanlah
kuasa Rohulkudus
II Kirimkanlah kegerakan ilahi,
nyatakanlah kuasa  Rohulkudus.
Kirimkanlah kegerakan ilahi
Tambahkanlah  minyakMu selalu
P’nuhi kami, pimpin kami 2x
Kirimkanlah kegerakan ilahi
nyalakan t’rus  sampai Engkau datang